Rabu 26 Jan 2022 02:50 WIB

Matthew White Meninggal karena Diabates, Kenali Gejalanya pada Anak

Anak penderita diabetes akan mengalami penurunan berat dan sering buang air kecil

Rep: Rr Laeny Sulistyawati/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Aktor cilik Matthew White meninggal dunia dalam usia 12 tahun akibat diabetes, Ahad (23/1/2022).
Foto:

Ia menyebutkan, anak yang menderita DM bisa dikenali dari gejalanya. Di antaranya banyak kencing terutama malam hari, banyak minum, sering haus, kemudian tiba-tiba mengompol padahal biasanya bisa kencing sendiri, kemudian yang jelas sekali adalah turunnya berat badan dalam satu atau dua bulan terakhir.

Ia menambahkan, biasanya anak menderita DM tipe 1 memiliki tubuh yang kurus. Sedangkan anak menderita tipe 2 memiliki badan gemuk.

Kalau orang tua bisa mengenali anak menderita diabetes sejak dini, dia melanjutkan, maka anak tidak harus mengalami kondisi gawat darurat atau kehilangan kesadaran. Kalau bisa mengenali gejala lebih awal bisa mengurangi risiko fatalitas hingga kematian. 

"Jika terlambat mengenali gejalanya maka kemungkinan mortalitas kematiannya lebih berat lagi," katanya.

Jika telah mengenali gejalanya dan diperkuat dengan diagnosis, ia menyebutkan anak dengan DM harus menjalani terapi. Terapi ini, dia melanjutkan, harus dijalani anak seumur hidupnya. Sebab, anak tak bisa menghasilkan insulin padahal insulin dibutuhkan supaya tetap hidup. Kalau anak tak mendapatkan insulin, dia melanjutkan, maka penderita DM ini bisa mengalami sesak napas. 

"Jadi, kita ganti insulinnya dari luar," katanya.

Dengan terus mendapatkan suntik insulin yang baik dan teratur, pola makan yang oke, teratur kontrol ke dokter maka anak dengan DM akan baik-baik saja. Bahkan, dia melanjutkan, anak bisa tumbuh kembang dengan normal. Anak penderita DM kemudian tumbuh dewasa dan menikah, kemudian panjang umur sampai lanjut usia memiliki anak cucu seperti orang lain. 

"Sudah banyak contoh anak dengan DM tipe 1 yang panjang umur sampai lansia dan punya anak bahkan cucu. Hanya bedanya mereka mendapatkan insulin dari luar," katanya. 

Sebelumnya, Matthew wafat pada Ahad (23/1/2022) setelah menjalani perawatan di rumah sakit karena DM yang dideritanya.

"Emang dia itu sering bolak-balik check up ke rumah sakit, dan yang kemarin itu bisa dibilang dia drop banget jadi nggak ketolong," kata Vinki Hanafi, manajemen artis yang menaungi Matthew, saat dihubungi Republika.co.id, Selasa (25/1/2022).

 

Menurut Vinki, Matthew yang dikenal sebagai pemain film Danur 3 tersebut kini sudah dimakamkan di kampung halamannya di Tegal, Jawa Tengah. Kepergian Matthew menyisakan duka yang mendalam bagi banyak orang, termasuk lawan mainnya di film Danur, Prilly Latuconsina. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement