Ahad 23 Jan 2022 01:28 WIB

Anak Baru Sembuh dari DBD, Kapan Boleh Disuntikkan Vaksin Covid-19?

Ketahui waktu yang tepat untuk vaksinasi Covid-19 anak yang baru sembuh DBD.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Reiny Dwinanda
Petugas medis menyuntikkan vaksin Covid-19 jenis Sinovac kepada seorang anak di SD Negeri 1 Lhokseumawe, Aceh, Kamis (20/1/2022). Jika anak baru kena DBD, tunggu sampai sembuh betul sebelum memberikannya vaksin Covid-19.
Foto:

Pedoman berbeda diberlakukan apabila anak baru pulih dari penyakit menahun atau kronis, seperti kanker, penyakit jantung bawaan, atau penyakit ginjal. Perlu dipertanyakan apakah penyakitnya terkontrol dengan baik atau tidak.

Dalam kondisi demikian, butuh konsultasi dengan dokter yang menanganinya apakah penyakit masih sering kambuh, baru diputuskan mengenai pemberian vaksin Covid-19. Selain itu, Prof Sri juga menyampaikan kondisi individu yang tidak boleh divaksin.

Prof Sri mengatakan, individu yang pernah mengalami kejadian ikutan pascaimunisasi (KIPI) berat pada vaksinasi sebelumnya, patut diwaspadai. Selebihnya, tidak ada pantangan khusus apabila akan menjalani vaksinasi.

"Tidak perlu pantangan, justru harus sehat. Jangan sampai lemah dan kurang makan," ungkap staf pengajar Departemen Ilmu Kesehatan Anak Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) itu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement