Sabtu 22 Jan 2022 06:48 WIB

Aktor Michael Douglas Hampir Kehilangan Lidah Akibat Kanker

Michael Douglas dinyatakan sembuh dari kanker pada 2011.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Reiny Dwinanda
Aktor Michael Douglas merupakan penyintas kanker lidah.
Foto:

Pernyataan Douglas tentang HPV memang ilmiah. HPV yang menginfeksi mulut dan tenggorokan berpotensi menyebabkan kanker orofaring (belakang tenggorokan, termasuk pangkal lidah dan amandel). Namun, biasanya diperlukan waktu bertahun-tahun bagi seseorang untuk mengembangkan kanker setelah terinfeksi HPV, dengan faktor lain seperti merokok atau mengunyah tembakau juga memainkan peran penting dalam menyebabkan kanker.

Perawatan utama untuk kanker lidah ialah pembedahan, radioterapi dan kemoterapi, baik dikombinasikan atau sendiri-sendiri. Perawatan tergantung pada seberapa jauh kanker seseorang telah tumbuh dan apakah telah menyebar. Itu juga tergantung pada bagian lidah mana yang terpengaruh.

Kanker stadium lanjut, yang diderita Douglas, berarti kanker lebih besar dari ukuran empat sentimeter atau telah tumbuh di luar lidah, menyerang jaringan lain , atau kelenjar getah bening. Pada tahap ini, perawatan yang paling umum meliputi, pertama, kemoterapi dan radioterapi bersama-sama (kemoradioterapi) ke tenggorokan dan leher. Kedua, pembedahan untuk mengangkat sebagian tenggorokan (termasuk seluruh atau sebagian lidah) dan beberapa kelenjar getah bening di leher, diikuti dengan radioterapi atau kemoradioterapi. Ketiga, radioterapi sendiri.

Douglas dinyatakan sembuh dari kanker pada 2011. Aktor Basic Instinct mengaku masih melakukan pemeriksaan setiap enam bulan agar tetap bebas dari kanker.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement