Kamis 20 Jan 2022 17:26 WIB

8 Makanan untuk Penurun Kolesterol 

Lemak hewani bisa diganti lemak nabati untuk mengurangi kadar kolesterol.

Rep: Haura Hafizhah/ Red: Dwi Murdaningsih
Sakit di kepala belakang bisa jadi tanda kolesterol tinggi (ilustrasi). Ada beberapa makanan yang bisa dikonsumsi untuk menurunkan kolesterol.
Foto: www.freepik.com.
Sakit di kepala belakang bisa jadi tanda kolesterol tinggi (ilustrasi). Ada beberapa makanan yang bisa dikonsumsi untuk menurunkan kolesterol.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kolesterol memiliki dua macam yaitu kolesterol jahat (low-density lipoprotein atau LDL) dan kolesterol baik (high-density lipoprotein atau HDL).  Kadar tersebut dapat sedikit berfluktuasi berdasarkan apa yang Anda makan.  

Dilansir dari health cleveandclinic pada Kamis (20/1/2022), lemak jenuh dan kolesterol terutama ditemukan dalam produk hewani seperti daging berlemak, produk susu tinggi lemak, kulit unggas dan makanan yang dipanggang. Makan makanan tersebut dapat menyebabkan peningkatan LDL Anda dan penurunan HDL Anda, yang dapat menyebabkan plak terbentuk di arteri Anda dan akhirnya menyebabkan penyakit jantung.

Baca Juga

Berikut delapan makanan untuk penurun kolestrol yaitu :

1. Oat dan Biji-Bijian

 

Oat dan biji-bijian merupakan sumber serat larut yang baik. Bereksperimenlah dengan biji-bijian yang berbeda seperti quinoa, barley, soba, gandum hitam dan millet, atau gunakan biji-bijian yang lebih umum seperti beras merah atau nasi liar sebagai lauk.

2. Polong-Polongan

Sumber lain untuk serat larut adalah kacang-kacangan, yang meliputi kacang kering seperti kacang merah atau kacang hitam, lentil dan kacang polong split. Jenis ini juga tinggi protein dan sangat mengenyangkan dan membantu mengekang keinginan Anda dari satu makanan ke makanan berikutnya.  Kacang-kacangan juga merupakan pengganti daging yang bagus, yang juga membantu menurunkan kolesterol. 

3. Sayuran Non Tepung

Ganti kentang, kacang polong dan jagung dengan sayuran non-tepung seperti asparagus, kubis Brussel, kubis, brokoli, kembang kol, tomat, paprika, seledri, wortel, sayuran hijau dan bawang, karena rendah kalori, tinggi serat dan mengandung protein.

4. Kacang-kacangan 

Kenari, almond, hazelnut, biji chia dan biji rami telah terbukti meningkatkan HDL dan menurunkan LDL dan trigliserida (lemak darah yang mirip dengan kolesterol) jika Anda memakannya secara teratur dan menggunakannya untuk menggantikan makanan ringan yang renyah dan asin lainnya.  Ini tidak hanya dapat mengenyangkan, tetapi juga dapat ditambahkan ke makanan untuk meningkatkan rasa dan nutrisi.

 

 

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement