Ahad 16 Jan 2022 05:15 WIB

Vitamin D Bantu Lindungi Tubuh dari Infeksi Pernapasan? Ini Catatan Studi

Studi selama dua tahun meneliti vitamin D yang bisa kurangi risiko terkait Covid-19.

Studi selama dua tahun meneliti vitamin D yang bisa kurangi risiko terkait Covid-19.
Foto:

Beberapa bukti manfaat

Dalam penelitian lain, vitamin D terbukti memiliki manfaat kesehatan. Profesor Sean Strain, Dr Emeir McSorley, dan Dr Pamela Magee dari Nutrition Innovation Center for Food and Health di Ulster University, Irlandia Utara merekrut 30 ribu peserta. “Ada beberapa indikasi bahwa orang yang diteliti memiliki insiden yang lebih rendah dari penyakit kardiovaskular dan kanker dibandingkan dengan statistik nasional,” kata mereka.

Ini mungkin menunjukkan bahwa peningkatan status vitamin D secara nasional memiliki manfaat bagi kesehatan keseluruhan populasi. Karena jumlah yang direkrut rendah, peserta mungkin tidak mewakili secara nasional dan harus berhati-hati saat menafsirkan temuan ini.

Manfaat vitamin D lainnya?

Dilansir Medical News Today, Ahad (16/1/2022), Dr Virtanen mengatakan untuk sementara ada beberapa bukti manfaat kesehatan dari suplementasi vitamin D dan temuan yang bertentangan. Namun, sampai saat ini tidak ada bukti suplemen vitamin D dapat mencegah infeksi Covid-19.

“Tidak ada bukti bahwa suplementasi vitamin D dapat mencegah infeksi SARS-CoV-2, terutama dengan bentuk Covid-19 yang parah,” kata Virtanen.

Sementara itu, Profesor Strain, Dr. McSorley, dan Dr. Magee menyoroti peran vitamin D dalam sistem kekebalan tubuh yang sehat. “Ada bukti kuat baru-baru ini bahwa vitamin D mendukung sistem kekebalan tubuh. Mengingat pandemi global, tampaknya mereka yang kekurangan vitamin D tidak memiliki respons yang parah terhadap Covid-19 seperti mereka yang kekurangan dan yang terpenting, pulih lebih cepat,” ujar mereka.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement