Rabu 12 Jan 2022 06:05 WIB

Cara Mudah Mengontrol Asupan Gula

Asupan gula berlebih diketahui berkaitan dengan beberapa masalah kesehatan.

Asupan gula berlebih diketahui berkaitan dengan beberapa masalah kesehatan.
Foto:

Kontrol Porsi

Ahli gizi dan direktur Dietitian UK, Priya Tew, mengatakan makanan atau tinggi gula tak benar-benar harus dimusuhi sepenuhnya. Makanan dan minuman seperti ini tetap boleh dikonsumsi sesekali. Akan tetapi, penting untuk memperhatikan porsi makanan atau minuman manis yang dikonsumsi.

"Juga memperhatikan apa yang Anda makan sepanjang hari dan sepanjang pekan," ungkap Tew.

 

Jangan Terkecoh Label Sehat

Ada banyak produk yang dipasarkan dengan label sehat karena rendah lemak. Padahal, produk-produk seperti ini biasanya memiliki kandungan gula yang tinggi.

Mengonsumsi produk diet yang sebenarnya tidak disukai juga tak akan membantu mengontrol asupan gula dan makan. hal ini justru hanya akan membuat seseorang tidak merasa puas dan kemudian memilih untuk mengonsumsi lebih banyak makanan atau minuman.

Akan lebih baik bila memilih opsi whole food atau makanan yang tak banyak melalui proses. Makanan seperti ini cenderung bebas dari zat-zat aditif atau senyawa artifisial. Selain itu, whole food juga dikenal lebih kaya gizi. Pastikan pula untuk mengonsumsi whole food yang beragam.

"Termasuk protein tak berlemak, lemak yang sehat untuk jantung, gandum utuh, produk susu, buah, dan sayur," pungkas Derocha.

 

Alternatif Lebih Sehat

Bila menyukai makanan yang kurang menyehatkan dan tinggi gula, ada cara lain yang bisa dilakukan. Cara tersebut adalah membuat atau mencari versi yang lebih sehat dari makanan tersebut.

Sebagai contoh, saus pasta yang dijual di pasaran biasanya mengandung banyak gula. Hal ini bisa disiasati dengan membuat saus pasta sendiri menggunakan gula yang lebih terkontrol.

Contoh lainnya adalah kebiasaan mengonsumsi granola bar, protein bar, atau sereal bar yang bergula. Coba untuk buat energi bar sendiri dan gunakan kurma sebagai pemanisnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement