Sabtu 13 May 2023 16:00 WIB

Mengenal Diet Rendah Gula Hingga Jenis Makanan yang Dianjurkan

Cara memulai diet rendah gula adalah dengan mengurangi asupan gula per hari.

Makanan manis (ilustrasi). Diet rendah gula tak hanya bagi orang berisio diabetes, tapi juga pada orang yang sehat.
Foto: www.pixabay.com
Makanan manis (ilustrasi). Diet rendah gula tak hanya bagi orang berisio diabetes, tapi juga pada orang yang sehat.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dokter gizi Dr. dr. Samuel Oentoro, MS, Sp.GK (K) yang juga anggota Perhimpunan Dokter Spesialis Gizi Klinik Indonesia menjelaskan, diet rendah gula tak hanya bagi orang berisio diabetes, tapi juga pada orang yang sehat.

"Gula pasir, gula jawa, gula merah, gula aren, gula batu, segala gula itu enggak boleh. Karena gula itu banyak efek jelek dibanding kebaikannya," ungkap Samuel, dilansir Antara.

Baca Juga

Samuel menjelaskan cara untuk memulai diet rendah gula adalah dengan memotong jumlah asupan gula per hari. Kendati demikian, sekedar mengurangi konsumsi gula adalah hal yang mudah untuk sebagian orang, tetapi orang sulit untuk mengurangi asupan karbohidrat sederhana.

Untuk itu, Samuel pun menyarankan agar masyarakat lebih memilih jenis-jenis makanan dengan karbohidrat yang berserat. Misalnya mengganti nasi putih dengan nasi merah atau mengganti roti putih dengan roti gandum.

"Karbohidrat yang mengandung serat itu jauh lebih baik karena nanti penyerapannya perlahan-lahan," kata Samuel.

Bila belum terbiasa mengganti karbohidrat sederhana dengan karbohidrat berserat, Samuel menyarankan untuk mengurangi jumlah karbohidrat dan menambah jumlah asupan serat seperti sayur dan buah.

Kepala Instalasi Gizi dan Produksi Makanan RSUPN dr. Cipto Mangunkusumo Fitri Hudayani, SST., S.Gz, MKM, RD menjelaskan bahwa gula merupakan sumber karbohidrat sederhana yang sebenarnya masih diperbolehkan untuk dikonsumsi tetapi dalam jumlah tertentu. Akan tetapi, karena bentuknya yang sederhana, maka gula jenis ini pun sangat mudah dicerna sehingga saat mengonsumsi gula sederhana, maka akan masuk ke dalam aliran darah dan gula ini akan meningkatkan kadar gula darah secara signifikan dan cepat.

Oleh sebab itu, jika ingin menjalani diet rendah gula, seseorang perlu memperhatikan jumlah gula yang dikonsumsi setiap hari. Maksimal seseorang boleh mengkonsumsi gula adalah lima persen dari kebutuhan energi per hari.

Misalnya kebutuhan energi seseorang adalah 2000 Kkal, maka gula diperbolehkan 100 Kkal. Jika dikonversikan ke dalam ukuran rumah tanggal yaitu dua sendok makan gula.

"Tetapi dalam prakteknya gula baiknya dalam bentuk bumbu masakan misalnya tempe bacem menggunakan gula merah atau semur menggunakan kecap, bukan dalam bentuk minuman atau makanan manis yang biasanya akan menyebabkan kelebihan asupan gula," imbuhnya.

 

sumber : ANTARA
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement