Sabtu 01 Jan 2022 16:03 WIB

Viral dan Diadopsi Sejumlah Artis, Apa Itu Spirit Doll?

Spirit doll atau boneka spirit tengah viral di tanah air.

Rep: Kiki Sakinah/ Red: Esthi Maharani
Boneka
Foto:

Di sejumlah online marketplace di Indonesia, dapat ditemukan penjualan spirit doll. Harganya pun beragam dari mulai ratusan ribu hingga jutaan dan bahkan ratusan juta rupiah.

Di salah satu e-commerce Bukalapak, misalnya, terdapat penjualan spirit doll dengan penawaran "Open Adop Boneka Arwah Good Spirit Doll Perempuan 24inch." Dalam keterangan informasi barang yang ditawarkan itu disebutkan manfaat atau benefit dari mengadopsi spirit doll tersebut.

Hal itu di antaranya spirit (anak perempuan), membantu user dalam kerezekian baik usaha dan karir, membantu dalam meningkatkan pelanggan, mempererat hubungan kerja dan bisni, magnet uang, daya tarik, proteksi, dan lainnya. Tidak hanya itu, pada keterangan itu disebutkan bahwa tata cara, nama, riwayat akan diberikan setelah dimaharkan.  

Penelusuran Republika.co.id, rata-rata penjualan spirit doll di sejumlah marketplace disertai dengan keterangan  manfaat dari mengadopsinya dan jenis boneka itu apakah spirit doll atau boneka arwah (lukthep). Di situ dijelaskan bahwa spirit doll berbeda dengan boneka arwah (lukthep). Spirit doll diisi oleh entitas Fairy/peri atau Elf, bukan arwah manusia yang meninggalnya tidak wajar/penasaran.

Spirit doll juga disebutkan tidak mengganggu dan tidak berbahaya, karena sudah dididik dan dengan senang hati mengabdi pada tuannya. Bahkan, ada keterangan yang menyebutkan bahwa boneka itu bisa mencari makan mereka sendiri, namun perlu sesekali diberi hadiah, misalnya berupa dupa atau bunga atau kopi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement