Selasa 28 Dec 2021 21:27 WIB

7 Makanan Ini Bisa Bikin Awet Muda

Asupan makanan yang sehat dipercaya bisa membuat awet muda.

Rep: Santi Sopia/ Red: Nora Azizah
Asupan makanan yang sehat dipercaya bisa membuat awet muda (Foto: ilustrasi kulit awet muda)
Foto: Womanitely
Asupan makanan yang sehat dipercaya bisa membuat awet muda (Foto: ilustrasi kulit awet muda)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Banyak orang berharap dapat tetap terlihat segar dan awet muda. Banyak upaya yang dilakukan mulai dari berolahraga, pola makan, berpenampilan terbaik, atau bahkan mungkin merekayasa usia.

Penampilan awet muda sering kali lebih dari sekadar membeli produk yang tepat. Diet sehat adalah kuncinya. Banyak asupan vitamin dan mineral bisa mempengaruhi kesehatan sehingga membuat awet muda. Berikut asupan yang bisa membuat tampak awet muda, menurut laman Healthline, dilansir dari Health Digest, Selasa (28/12).

Baca Juga

 

1. Coklat hitam

Cokelat hitam merupakan makanan anti-penuaan favorit alami. Cokelat hitam mengandung zat besi, magnesium, mangan, tembaga, dan antioksidan yang semuanya memiliki manfaat kesehatan yang besar, terutama dari antioksidan. Antioksidan adalah senyawa yang berperang melawan radikal bebas berbahaya dalam tubuh. 

Radikal bebas diproduksi secara alami, tetapi polusi, bahan kimia, merokok, dan faktor lain semakin banyak memberi dampak. Aktivitas radikal bebas yang berlebihan telah dikaitkan dengan penuaan, jadi mengonsumsi lebih banyak antioksidan untuk melawannya dapat membantu terlihat merasa lebih baik, menurut Medical News Today.

 

2. Kale

Kale mengandung sejumlah vitamin dan mineral, seperti vitamin A, vitamin C, magnesium, mangan, kalium, vitamin K, dan banyak lagi, menurut Healthline. Vitamin C penting untuk membantu tubuh memproduksi kolagen. Kolagen adalah protein struktural yang membantu menjaga kesehatan kulit dan jaringan ikat. Secangkir kale menyajikan antioksidan penghancur radikal bebas, nilai tambah yang sangat besar dalam hal membantu seseorang tetap terlihat muda.

Kale juga mengandung sejumlah kecil lemak dalam bentuk asam lemak omega-3 yang disebut asam alfa-linolenat. Asam lemak omega-3 dapat membantu mengatur kolesterol, yang dapat mengurangi risiko penyakit jantung (via Healthline). Jadi ada kemungkinan kangkung bisa membuat Anda awet muda dari dalam ke luar.

 

3. Probiotik

Meskipun tidak selalu menyenangkan jika berbicara soal bakteri, beberapa bakteri sebenarnya dapat bermanfaat. Secara khusus, bakteri probiotik dapat membantu menunda beberapa tanda fisik penuaan.

Probiotik umumnya muncul sebagai hasil fermentasi bakteri. Menurut Healthline, itu lebih banyak dalam makanan fermentasi seperti kimchi, asinan kubis, kefir, yogurt, dan tempe. Dalam ulasan yang diterbitkan dalam Journal of Drugs in Dermatology, probiotik mengembalikan pH kulit asam, mengurangi stres oksidatif, melemahkan photoaging, meningkatkan fungsi penghalang kulit, dan meningkatkan kualitas rambut. 

 

4. Blueberry

Blueberry telah lama dianggap sebagai makanan super sehat yang kaya akan antioksidan. Secara khusus, antioksidan dalam blueberry dapat membantu memerangi beberapa tanda fisik penuaan dini. Blueberry juga kaya akan vitamin dan mineral yang dapat membantu meningkatkan produksi kolagen, komponen penting untuk menjaga kekenyalan kulit.

Beberapa senyawa yang ada dalam blueberry bahkan dapat meningkatkan sirkulasi. Peningkatan sirkulasi berarti bahwa darah dapat membawa lebih banyak nutrisi lebih efisien ke seluruh tubuh. Hasilnya adalah sel-sel yang pergantian lebih cepat, termasuk sel-sel kulit. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement