Selasa 28 Dec 2021 14:45 WIB

CDC Pangkas Waktu Isolasi Jadi 5 Hari, Ini Alasannya

Sebelumnya, waktu isolasi pasien Covid-19 wajib dilakukan selama 10 hari.

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) memangkas waktu isolasi bagi warga AS yang tertular virus Covid-19 (Foto: ilustrasi)
Foto:

Bunyi aturan isolasi CDC 

Aturan isolasi adalah untuk orang yang terinfeksi. Itu berlaku untuk orang yang tidak divaksinasi, divaksinasi sebagian, divaksinasi penuh atau bahkan disuntuok booster.

Jam isolasi dimulai pada hari dites positif. Orang yang terinfeksi harus menjalani isolasi selama lima hari, bukan 10 yang direkomendasikan sebelumnya.

Pada akhir lima hari, jika tidak memiliki gejala, maka dapat kembali ke aktivitas normal tetapi harus memakai masker di mana-mana, bahkan di rumah, di sekitar orang lain, setidaknya selama lima hari lagi. Jika masih memiliki gejala setelah isolasi selama lima hari, tetap di rumah sampai merasa lebih baik dan mulailah mengenakan masker setiap saat.

 

Karantina

Aturan karantina adalah untuk orang-orang yang melakukan kontak dekat dengan orang yang terinfeksi tetapi tidak menginfeksi diri mereka sendiri. Untuk karantina, jam dimulai pada hari seseorang diperingatkan bahwa mereka mungkin telah terpapar virus.

Sebelumnya, CDC mengatakan orang yang tidak divaksinasi sepenuhnya dan yang melakukan kontak dekat dengan orang yang terinfeksi harus tinggal di rumah setidaknya selama 10 hari.

Sekarang panduan bagi orang yang mendapat suntikan booster dapat melewati karantina jika mereka memakai masker di semua pengaturan setidaknya selama 10 hari. Itu adalah perubahan. Sebelumnya, orang-orang yang telah divaksinasi lengkap Pfizer atau Moderna, atau satu dosis vaksin Johnson & Johnson, dapat dibebaskan dari karantina.

Saat ini, orang-orang yang mendapatkan suntikan awal tetapi tidak mendapatkan booster berada dalam situasi yang sama dengan mereka yang divaksinasi sebagian atau tidak divaksinasi sama sekali. Mereka dapat menghentikan karantina setelah lima hari jika mengenakan masker di semua tempat selama lima hari sesudahnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement