Kamis 23 Dec 2021 06:41 WIB

Virus HPV Bisa Picu Kanker Tenggorokan

Virus HPV selama ini dikenal sebagai pemicu kanker serviks.

Human papillomavirus (HPV) dikenal sebagai virus yang memainkan peran penting dalam kejadian kanker serviks (Foto: ilustrasi)
Foto:

Direktur program kanker kepala dan leher dari Cedars Sinai Comprehensive Cancer Institute Dr Allen Ho mengatakan ada beberapa faktor yang mungkin mempengaruhi peningkatan kasus kanker orofaringeal di antara para lansia. Salah satunya, generasi baby boom cenderung memiliki pasangan seksual yang lebih banyak, sehingga kemungkinan terjadinya penularan atau transmisi HPV lebih tinggi.

Sedangkan peningkatan kasus pada laki-laki yang lebih tinggi dinilai berkaitan dengan vaksinasi HPV. Sejauh ini, program vaksinasi HPV pada perempuan lebih mendapat perhatian dibandingkan pada laki-laki.

Di sisi lain, vaksin HPV perlu diberikan sebanyak dua atau tiga dosis, bergantung pada usia. Bila menggunakan biaya pribadi, uang yang harus dikeluarkan untuk vaksin HPV tidak sedikit. Oleh karena itu, hal ini menjadi hambatan bagi sebagian orang untuk mengakses vaksin meski ingin.

Di sisi lain, sebagian orang mungkin merasa enggan mendapatkan vaksin HPV dengan berbagai alasan. Salah satunya karena ada stigma negatif karena HPV merupakan virus yang ditularkan melalui hubungan seksual.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement