Selasa 21 Dec 2021 19:58 WIB

Anak 6-11 Divaksinasi, Efek Samping Apa yang tidak Normal dan Harus Dilaporkan?

Efek samping vaksinasi Covid-19 anak umumnya gejala kecil saja.

Rep: Dian Fath Risalah/ Red: Reiny Dwinanda
Vaksinasi Covid-19 anak usia 6-11 tahun. Efek samping vaksinasi pada anak umumnya lokal, berupa sakit atau bengkak di tempat suntikan.
Foto:

Dr Cissy menyatakan, vaksin Covid-19 anak-anak aman karena sudah melalui tahapan uji klinis, sama halnya dengan vaksin untuk dewasa. Vaksin untuk anak usia 6-11 tahun yang sudah mendapatkan izin penggunaan darurat dari Badan POM ialah vaksin Sinovac.

"Hal ini tentunya sudah memenuhi kriteria aman dan berkhasiat," ungkap dr Cissy.

Vaksin Covid-19 anak juga sudah memenuhi berbagai tingkat penelitian dan pemakaian jutaan dosis di semua kelompok usia. ITAGI (Indonesian Technical Advisory Group on Immunization) dan IDAI sudah merekomendasikan vaksin Sinovac untuk anak 6-11 tahun.

Pelaksanaan vaksin untuk anak telah dimulai dari wilayah dengan cakupan vaksinasi dosis pertama di atas 70 persen dan vaksinasi lansia di atas 60 persen. Kick off dilakukan pada Selasa (14/12) di 115 kabupaten/kota.

"Oleh karena itu, bapak-ibu segeralah putra putrinya divaksinasi terutama di sekolah. Semoga kita akan mencapai herd immunity segera dengan kontribusi dari vaksinasi anak ini," ujar Cissy.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement