Senin 20 Dec 2021 12:31 WIB

Kenali Penyakit Radang Otot Jantung

Ternyata dokter juga kesulitan menentukan penyebab radang otot jantung.

Sakit jantung (ilustrasi). Radang otot jantung adalah penyakit yang penyebabnya belum diketahui sepenuhnya.
Foto:

Tidak disebabkan flu biasa

"Yang jelas penyebabnya bukan flu biasa,“ tutur Dr. Frank Schmidt.  Masalahnya, orang biasanya tidak mengenali, apakah ini hanya flu biasa, atau infeksi oleh virus dan menyerang otot jantung juga. Mengenali perbedaan itu sangat penting. Setelah flu berat orang juga dianjurkan untuk mengurangi aktifitas.

Dokter Frank Schmidt juga menekankan, peradangan seperti itu bisa menyerang orang yang sepenuhnya sehat.                                                                     

Frank Knodt meneruskan kegemaran olahraganya, tapi kemudian mengalami pingsan lagi. Ia kemudian mendapat alat pacu jantung. Itu artinya, selama beberapa bulan dia tidak boleh berolahraga. 

"Saya tidak harus berbaring terus,“ kata Frank Knodt.

“Saya boleh berjalan-jalan di udara terbuka. Di satu pihak memang enak, di lain pihak sulit. Karena banyak orang lain yang berolahraga lari melewati dia, dan dia jadi berpikir, “Saya juga ingin tapi tidak boleh. Itu perasaan yang aneh.“             

Perlahan-lahan ia kembali sehat sepenuhnya. Walaupun sudah sehat lagi, dua kali setahun ia harus mendatangi dokter ahli jantung untuk mengecek kesehatannya. Di sana alat pacu jantungnya juga dicek secara teratur.                

Itu semua sebetulnya ingin dihindari Frank Knodt. Tapi radang otot jantung tidak bisa dicegah. Walaupun jika memperhatikan kesehatan, bisa membantu.        

Dr. Frank Schmidt dari Klinikum Mutterhaus mengungkap, bagi orang yang baru mulai berolahraga, anjurannya adalah mengecek ke dokter terlebih dahulu. Terutama kalau sudah lama tidak berolahraga, atau ingin meningkatkan bebannya. Sebaiknya cek ke dokter dulu.                                                          

Radang otot jantung adalah penyakit serius yang bisa mengenai siapapun. Terutama bagi yang ingin melakukan olahraga intensif, sebaiknya mengecek kesehatannya dulu, dan jika menderita flu, sebaiknya istirahat dulu. 

 

 

sumber: https://www.dw.com/id/radang-otot-jantung/a-60175237

sumber : DW
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement