Kamis 16 Dec 2021 23:04 WIB

Pertolongan Pertama Ketika Serangan Jantung Terjadi Saat Sendirian

Serangan jantung saat sedang sendirian membuat seseorang merasa tak berdaya.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Nora Azizah
Serangan jantung saat sedang sendirian membuat seseorang merasa tak berdaya (Foto: ilustrasi)
Foto: www.freepik.com.
Serangan jantung saat sedang sendirian membuat seseorang merasa tak berdaya (Foto: ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Mengalami serangan jantung saat sedang sendirian dapat membuat seseorang merasa tak berdaya. Akan tetapi, sebenarnya ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk menyelamatkan diri bila tak ada seorang pun yang mendampingi ketika serangan jantung terjadi.

Konsultan senior dari Departemen Kardiologi di National Heart Centre Singapore (NHCS) Prof Chin Chee Tang mengungkapkan hal yang boleh dan tidak boleh dilakukan ketika sedang sendirian saat serangan jantung terjadi. Berikut ini adalah anjuran-anjuran tersebut, seperti dilansir HealthXChange, Kamis (16/12).

Baca Juga

 

Harus Dilakukan: Telepon Layanan Kedaruratan

Hal pertama yang perlu dilakukan ketika serangan jantung terjadi saat sedang sendirian adalah menelepon layanan kedaruratan medis. Hal ini penting untuk dilakukan karena serangan jantung memerlukan penanganan medis secepat mungkin demi menyelamatkan otot jantung.

"Hentikan apa pun yang sedang Anda lakukan, pindah ke tempat aman untuk istirahat, dan hubungi bantuan medis," ungkap Prof Chin.

Sebagai contoh, seseorang mengalami serangan jantung ketika sedang berkendara sendirian. Dalam kondisi tersebut, segera tepikan kedaraan ke jalur yang aman dan hubungi layanan kedaruratan medis.

 

Harus Dilakukan: Konsumsi Aspirin Bila tidak Alergi

Sebagian besar kasus serangan jantung disebabkan oleh adanya gumpalan darah yang menyumbat aliran darah ke jantung di pembuluh darah. Kekuarangan pasokan aliran darah akan membuat otot jantung mati secara progresif.

Untuk meminimalisasi dampak buruk ini, aspirin bisa dikonsumsi sambil menunggu bantuan medis datang. Penggunaan aspirin saat serangan jantung dapat membantu mencegah gumpalan menjadi lebih besar, sehingga tubuh memiliki kesempatan lebih baik untuk memecah gumpalan tersebut.

Secara umum, pengunaan aspirin pada serangan jantung juga dapat meningkatkan kemungkinan untuk bertahan hidup. Akan tetapi, penggunaan aspirin sebaiknya dihindari oleh orang yang memiliki alergi terhadap obat tersebut.

 

Harus Dilakukan: Tenang

Selama menunggu bantuan medis datang, hal lain yang perlu dilakukan adalah tetap tenang. Coba untuk berbaring dan beristirahat selama menunggu bantuan.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement