Jumat 17 Dec 2021 15:29 WIB

Gejala Infeksi Omicron Biasanya Muncul Hari ke Berapa?

Infeksi omicron bisa jadi tak menimbulkan gejala atau gejala ringan.

Rep: Farah Noersativa/ Red: Reiny Dwinanda
Ilustrasi virus penyebab Covid-19 varian omicron. Infeksi omicron gejalanya bisa jadi lebih ringan daripada infeksi varian lainnya.
Foto: Pixabay
Ilustrasi virus penyebab Covid-19 varian omicron. Infeksi omicron gejalanya bisa jadi lebih ringan daripada infeksi varian lainnya.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Gejala omicron, varian baru virus penyebab Covid-19 dilaporkan berbeda dengan gejala klasik Covid-19. Beberapa negara menyatakan, gejala infeksi omicron lebih ringan dari yang lain.

Dilansir laman Express, Jumat (17/12), seperti semua kasus infeksi virus corona tipe baru (SARS-CoV-2), beberapa orang mungkin tidak menunjukkan gejala Covid-19 sama sekali. Hal tersebut otomatis dapat meningkatkan risiko penyebaran virus lebih lanjut.

Baca Juga

Bukti awal yang keluar dari Afrika Selatan, tempat varian omicron pertama kali terdeteksi, telah menemukan gejala infeksinya mungkin "ringan" dibandingkan dengan varian lainnya. Namun, ini mungkin ada kaitannya dengan kondisi masyarakat di sana.

Menurut ilmuwan, kebanyakan warga Afrika Selatan sudah pernah kena Covid-19. Sebagian lain mengembangkan antibodi setelah mendapatkan vaksinasi.

 

Lalu, kapan gejala Covid-19 akan muncul ketika orang terinfeksi varian omicron? Gejala omicron dapat muncul kapan saja antara tiga hingga 14 hari setelah terinfeksi. Itu tidak berbeda dengan kasus varian lainnya.

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), rata-rata dibutuhkan lima hingga enam hari sejak seseorang terinfeksi virus untuk menunjukkan gejala. Namun, kemunculan gejala bisa memakan waktu hingga 14 hari.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement