Jumat 17 Dec 2021 14:45 WIB

Radioactive Rangkum Hidup Dramatis Marie Curie

Film Radioactive yang dibintangi Rosamund Pike merangkum kisah hidup Marie Curie.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Reiny Dwinanda
Foto adegan film Radioactive yang dibintangi Rosamund Pike dan Sam Riley.
Foto: Dok StudioCanal
Foto adegan film Radioactive yang dibintangi Rosamund Pike dan Sam Riley.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Masyarakat awam mungkin sudah mengetahui nama Marie Curie sebagai salah satu ilmuwan paling berpengaruh di dunia. Dia adalah satu-satunya orang yang memenangkan Hadiah Nobel dalam dua bidang keilmuan, fisika dan kimia.

Terlepas dari penemuannya yang diakui, banyak aspek dalam hidup Marie menarik untuk diselami. Film Radioactive merangkum kehidupan Marie, mengadaptasi novel grafis Radioactive: Marie & Pierre Curie: A Tale of Love and Fallout karya Lauren Redniss.

 

Dramatis menjadi kata yang cocok menggambarkan sosok Marie dalam film drama biografis arahan sutradara Marjane Satrapi ini. Marie digambarkan sebagai perempuan yang lugas, pendobrak, dan tidak ragu bekerja keras mendapatkan apa yang diinginkan.

 

photo
Foto adegan film Radioactive. - (Dok StudioCanal)

 

Perjuangan Marie di bidang sains amat menantang. Semasa hidup Marie, perempuan masih dipandang sebelah mata.

Baca Juga

Opininya pun kerap dimentahkan. Marie dikisahkan menemukan mitra setara, yakni ilmuwan Pierre Curie yang kemudian menjadi suaminya.

 

Akting Rosamund Pike dan Sam Riley sebagai suami istri Curie cukup baik. Penonton diajak menikmati adegan perjumpaan pertama mereka, interaksi di laboratorium, berbagai debat dan diskusi cerdas, sekaligus momen-momen manis sepasang kekasih.

 

Radioactive punya keunggulan menarasikan hidup sosok Marie sedemikian rupa, sehingga penonton tidak cuma mengetahui karakter itu dari kulitnya saja. Seusai menyimak film besutan StudioCanal ini, penonton akan lebih mengenal Marie Curie, sang pionir yang jenius sekaligus pemberontak.

 

Latar waktu sinema berkisar antara 1890-an hingga 1930-an, dengan mayoritas lokasi di Paris, Prancis. Visual film, bangunan, suasana kota, moda transportasi, hingga busana para tokohnya ditampilkan menyesuaikan periode waktu tersebut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement