Selasa 07 Dec 2021 06:30 WIB

5 Makanan Tinggi Kolesterol yang Aman untuk Dikonsumsi

Tidak semua makanan tinggi kolesterol berbahaya untuk dikonsumsi.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Reiny Dwinanda
Telur sering kali diklaim sebagai makanan kolesterol tinggi. Telur harus dikonsumsi utuh, karena kuning telur juga mengandung nutrisi penting seperti vitamin D.
Foto:

 

3. Daging olahan

 

Daging olahan seperti sosis dan hot dog adalah makanan berkolesterol tinggi yang juga tinggi lemak jenuh. Orang yang makan tiga potong bacon goreng berarti mengasup 27 mg kolesterol dan 3,3 g lemak jenuh, sedangkan satu sosis Italia goreng mengandung 69,3 mg kolesterol dan 7,92 g lemak jenuh.

 

Doebrich merekomendasikan kalkun yang lebih rendah lemak jenuhnya. Tiga potong daging kalkun memiliki 1,95 g lemak jenuh, sekitar 40 persen lebih sedikit dari daging biasa.

 

4. Produk susu

 

Kolesterol dan lemak jenuh ditemukan dalam produk susu, termasuk keju, mentega, krim, es krim, dan susu lemak utuh. Satu cangkir keju cheddar memiliki 105 mg kolesterol dan 20 g lemak jenuh, sedangkan satu sendok makan mentega mengandung sekitar 31 mg kolesterol dan 7 gram lemak jenuh.

 

Produk susu berlemak tertentu seperti keju jauh dari kata tidak sehat karena mengandung protein, vitamin, mineral, dan lemak sehat. Sementara itu, produk susu fermentasi seperti yogurt sarat dengan probiotik yang dapat bermanfaat bagi kesehatan usus.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement