Senin 06 Dec 2021 08:00 WIB

Vaksin Kanker Payudara Diteliti, Bisa Lawan Kanker Agresif

Peneliti mengembangkan vaksin yang bisa lawan kanker secara spesifik.

Pita pink melambangkan Kanker Payudara (ilustrasi).
Foto:

Apa yang perlu dilakukan sebelum vaksin disetujui?

Budd, peneliti utama dan staf dokter di Cleveland Clinic Taussig Cancer Center, mengatakan bahwa fase pertama menguji keamanan vaksin. Hal ini akan mencakup 18 hingga 24 wanita yang menderita kanker payudara triple-negatif dan sebelumnya dirawat dengan terapi tradisional. 

"Termasuk kemoterapi, pembedahan, dan obat pengganggu DNA yang mencegah sel kanker berkembang biak," jelas Budd.

Setiap peserta akan menerima tiga dosis vaksin selama enam minggu. Setelah itu, mereka akan dievaluasi untuk efek samping. Para peneliti juga akan menguji apakah vaksin mengaktifkan sistem kekebalan tubuh mereka terhadap sel kanker. Peneliti akan memantau para wanita untuk melihat apakah kanker kembali.

Jika vaksin ditemukan aman dan efektif, mereka akan memperluas penelitian untuk memasukkan wanita yang belum memiliki penyakit, tetapi memiliki risiko tinggi untuk mengembangkannya. Membuktikan bahwa vaksin bekerja sebagai metode pencegahan terhadap kanker payudara triple-negatif bisa menjadi revolusioner. Lebih baik lagi, tim percaya bahwa penelitian mereka dapat membantu menciptakan strategi vaksin baru untuk jenis tumor lainnya.

Ketika dikombinasikan dengan kemajuan terbaru dalam deteksi kanker payudara, harapan hidup yang lebih lama bagi orang yang pernah, atau pernah menderita, kanker payudara mungkin sudah dekat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement