Kamis 02 Dec 2021 23:23 WIB

Alasan Kesehatan Mengapa Anda Harus Melatih Otot Bokong

Otot bokong kuat penting untuk menjaga postur tubuh.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Qommarria Rostanti
Alasan kesehatan mengapa Anda harus melatih otot bokong (ilustrasi).
Foto: www.freepik.com.
Alasan kesehatan mengapa Anda harus melatih otot bokong (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Apakah Anda ingin memiliki bokong yang berisi? Cobalah lakukan glute workout untuk melatih otot bagian bokong.

Latihan ini telah mendominasi bidang kebugaran wanita saat ini. Salah satu pelopornya adalah Kim Kardhasian dan keluarganya. Penelitian oleh Pure Gym menunjukkan bokong terus mendominasi sebagai bagian tubuh yang paling ingin dibangun oleh sebagian besar penggemar kebugaran. Mereka lakukan ini dengan minat untuk menumbuhkan glutes dari tahun ke tahun, dan sebesar 22 persen lagi pada 2021.

Baca Juga

Pelatih kekuatan dan pengkondisian Kate Whapples,bokong bukan hanya kelompok otot terbesar manusia, tapi juga penting dalam memastikan pola gerakan Anda sehari-hari tetap sehat.

"Melatih otot bokong sangat penting karena kompleks gluteal adalah otot terbesar dan terkuat di seluruh tubuh," kata Kate seperti dilansir di laman Metro.co.uk, Kamis (2/12).

 

Semua yang Anda lakukan mulai dari berdiri, berjalan, mengangkat tas belanja, mengayunkan raket tenis, atau mengangkat anak Anda dari lantai menggunakan kekuatan bokong. Ada beberapa alasan lain Anda tidak boleh mengabaikan otot bokong. 

"Apakah Anda ingin mengurangi rasa sakit dan nyeri, memperbaiki postur atau meningkatkan kinerja, maka Anda perlu melatih otot bokong," kata Kate.

Mengapa penting untuk melatih otot bokong Anda?

1. Kurangi risiko cedera

Latihan ini bermanfaat untuk mengurangi risiko cedera. "Sebagai otot terkuat kami, bokong membantu kita untuk menghindari cedera selama gerakan sehari-hari dengan menjaga tubuh kita selaras," ujar Kate.

Dia menyebut, memiliki bokong yang kuat membantu tubuh Anda tetap sejajar dengan benar dan bergerak dalam keselarasan ini. "Ini meminimalisasi kemungkinan cedera selama gerakan," kata dia.

2. Membantu menjaga postur yang baik

Otot bokong yang kuat juga penting untuk menjaga postur tubuh yang baik. "Sangat sulit untuk mencapai dan mempertahankan postur yang baik tanpa bokong yang kuat," ujar Kate.

Ketika bokong, core, dan pinggul Anda kuat dan stabil, memungkinkan tubuh Anda untuk bergerak menggunakan postur yang benar, membatasi hal-hal seperti valgus lutut dan kemiringan panggul anterior yang menyebabkan banyak orang sakit, nyeri, dan cedera.

Hal ini terutama berlaku bagi mereka yang menghabiskan sebagian besar hari mereka duduk di belakang meja. "Kebanyakan manusia sekarang berada dalam keadaan fleksi yang konstan, duduk, kepala membungkuk, dan bahu condong ke depan melihat layar, yang memiliki efek besar pada tubuh," tambahnya.

Dengan semakin banyaknya orang yang menghabiskan sebagian besar waktu mereka untuk duduk dan membungkuk, melatih bokong dan rantai posterior Anda kini menjadi lebih penting.

3. Tingkatkan kinerja

Akhirnya, jika Anda ingin melihat kinerja Anda dalam olahraga dan kebugaran meroket, bokong yang kuat tidak dapat dinegosiasikan. "Dari perspektif kinerja, bokong Anda sangat penting untuk kinerja atletik," kata Kate.

Banyak pola gerakan utama yang digunakan manusia seperti jongkok, engsel pinggul, lari cepat, lompat, dan mengubah arah semuanya berasal dari bokong Anda. Jadi untuk meningkatkan gerakan ini, Anda perlu meningkatkan kekuatan, dan kekuatan yang Anda miliki ada di dalam bokong Anda.

 

Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement