Kamis 02 Dec 2021 17:33 WIB

Serial Antologi 'Etalase Kota' Jaring Karya Sineas

Viddsee bersama MNC Pictures mengumumkan kehadiran program "Etalase Kota".

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Qommarria Rostanti
iddsee bersama rumah produksi MNC Pictures mengumumkan kehadiran program
Foto: www.freepik.com.
iddsee bersama rumah produksi MNC Pictures mengumumkan kehadiran program "Etalase Kota" (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Viddsee bersama rumah produksi MNC Pictures mengumumkan kehadiran program "Etalase Kota". Serial antologi itu akan menunjukkan jiwa, detak jantung, serta identitas dari sebuah kota sekaligus memperlihatkan keunikan dari orang-orang yang tinggal di dalamnya.

"Etalase Kota" dilaksanakan sebagai bagian dari Juree Awards, festival film tahunan yang merayakan film pendek terbaik dari Indonesia, Singapura, dan Filipina sejak 2016. Ini juga menjadi akselerator untuk mengembangkan kekayaan intelektual (IP) bagi para pembuat film dalam jejaring Viddsee. 

Baca Juga

Kerja sama merupakan bagian dari Viddsee Labs yang diluncurkan pada Oktober 2021. Inkubator IP milik Viddsee itu berfokus pada pengembangan dan kepemilikan IP di setiap tahap perjalanan pembuat film dari naskah ke layar, baik secara lokal maupun internasional.

"Etalase Kota" terbuka bagi semua pembuat film Indonesia yang karyanya telah terpilih masuk baik sebagai finalis atau program Out-of-Competition di Juree Awards 2016 hingga 2021. Para pembuat film dapat mendaftarkan ide cerita mereka hingga 3 Januari 2022. 

Selanjutnya, tim dari Viddsee Studios dan MNC Pictures akan menyeleksi 10 ide cerita terpilih. Sebanyak 10 pembuat film akan mempresentasikan konsep mereka secara daring melalui forum pitching. Pemenang akan diumumkan pada 27 Januari 2022. 

Para pemenang terpilih akan mendapatkan bimbingan bantuan produksi oleh Viddsee Studios serta didanai oleh MNC Pictures sebagai bagian dari seri antologi ini. Etalase Kota akan ditayangkan secara eksklusif di aplikasi KlakKlik.

Chief Commercial Officer Viddsee, Derek Tan, menyebut Etalase Kota ibarat sebuah lubang kunci ke dalam narasi, lanskap, serta sketsa yang kaya dan berlapis. Serial antologi ini adalah tentang bagaimana manusia hidup dan bernapas seperti yang terlihat melalui mata para pembuat film Viddsee.

Derek menjelaskan, melihat permintaan akan konten lokal yang semakin besar, Viddsee secara konsisten telah memasarkan dan mempromosikan talenta dan IP dari Indonesia kepada penonton. Sebagai program akselerator di bawah naungan Viddsee Labs, program "Etalase Kota" tak hanya berfungsi sebagai forum pitching, namun juga melibatkan proses penemuan talenta baru serta pengembangan IP hingga akhirnya produksi konten.

"Kerja sama dengan MNC Pictures ini merupakan langkah signifikan karena dapat membantu kami untuk menumbuhkan talenta-talenta muda dan berbakat serta cerita yang autentik," kata Derek melalui pernyataan resminya yang diterima Republika.co.id, Kamis (2/12).

Hal senada diungkapkan oleh Direktur Utama PT MNC Pictures Titan Hermawan. Dia berharap kerja sama antara MNC Pictures dan Viddsee akan meningkatkan sinergi konten-konten lokal yang semakin kreatif sehingga penikmat konten bisa mengakses konten berkualitas.

"Kami juga melihat adanya potensi bagi para content creator bisa eksis secara bersamaan melalui kerja sama ini," ujar Titan. Informasi lebih lanjut mengenai program Etalase Kota dan Juree Indonesia 2021 bisa disimak melalui tautan  https://vidds.ee/EtalaseKota.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement