Rabu 01 Dec 2021 20:09 WIB

Refleksi Hidup Michael J Fox: 30 Tahun Mengidap Parkinson

Michael J Fox didiagnosis Parkinson pada 1991.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Reiny Dwinanda
Michael J Fox. Aktor Back to the Future ini didiagnosis parkinson 30 tahun lalu.
Foto:

Terlepas dari prediksi tersebut, Fox terus membintangi beragam film dan serial televisi, termasuk sitkom populer ABC Spin City. Dia pun sempat menjadi bintang tamu dalam The Good Wife serta Boston Legal.

"Merupakan hal yang anak bahwa saya telah melakukannya sebaik seperti ketika saya lakukan sebelumnya," ujar Fox.

Hanya saja, dalam beberapa tahun ke belakang, optimisme Fox diuji dengan beragam masalah kesehatan dan emosional. Pada 2018, Fox harus menjalani operasi untuk mengangkat tumor yang bertumbuh cepat di tulang belakang.

Selama proses pemulihan, Fox harus kembali belajar berjalan. Lalu, empat bulan setelah pembedahan, Fox terpeleset dan terjatuh sehingga mengalami patah lengan kiri. Untuk pemulihan lengannya, Fox membutuhkan sebuah plat logam dan 19 baut.

"Seiring dengan bangkitnya saya dari masa kegelapan itu, saya juga mendapatkan inspirasi dari ayah mertua saya, yang telah meninggal dan selalu memiliki rasa syukur, penerimaan, dan kepercayaan diri," jelas Fox.

Dari situ, Fox mulai menyadari hal-hal yang dia miliki dan patut untuk disyukuri dalam hidup. Dia pun mulai mempelajari bagaimana orang akan merespons masa-masa sulit dengan sikap penuh syukur.

"Saya menyimpulkan bahwa rasa syukur membuat optimisme jadi berkelanjutan," kata Fox.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement