Selasa 30 Nov 2021 09:20 WIB

Aktor Crocodile Dundee David Gulpilil Meninggal Dunia

David Gulpilil yang terkenal lewat Crocodile Dundee meninggal dunia.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Reiny Dwinanda
Aktor legendaris David Gulpilil meninggal dunia setelah empat tahun berjuang melawan kanker paru.
Foto:

Gulpilil mendapatkan nominasi aktor pendukung terbaik pada 2002 dari Australian Academy of Cinema and Television Arts Awards untuk penampilannya di Rabbit-Proof Fence karya Philip Noyce. Kala itu, ia berperan sebagai pelacak yang mengejar tiga anak yang melarikan diri dari perbudakan yang dipaksakan pemerintah.

Pada 2008, Gulpilil beradu akting dengan aktor dan aktris asal Negeri Kanguru, Hugh Jackman dan Nicole Kidman. Mereka membintangi film epik Baz Luhrmannm, Australia.

Gulpilil pernah dipenjara selama bertahun-tahun akibat menyiksa istrinya sampai patah lengan. Sutradara Rolf de Heer pernah mengunjungi Gulpilil di penjara.

Terkejut dengan kondisi mantan rekannya, de Heer menawarkan jasa motivasi profesional setelah Gulpilil dibebaskan. Gulpilil kemudian juga menjalani rehabilitasi kecanduan alkohol.

Upayanya itu menghasilkan apa yang dianggap banyak orang sebagai puncak karier Gulpilil. Dia memenangkan penghargaan aktor terbaik Un Certain Regard di 2014 Cannes Film Festival untuk penampilannya di Charlie's Country (2013).

Gulpilil menulis naskah Charlie's Country bersama dengan de Heer. Di film itu, ia tampil sebagai pria tua yang ingin kembali ke akar budaya Aboriginnya.

Pada Juli 2019, Gulpilil menerima penghargaan pencapaian seumur hidup National Aborigines and Islanders Day Observance Committee. Dia mengungkapkan dalam pesan yang direkam sebelumnya bahwa dia telah berjuang melawan kanker paru sejak 2017.

"Untuk semuanya, terima kasih telah menonton saya, jangan pernah lupakan saya selama saya di sini. Saya tidak akan pernah melupakanmu. Saya akan tetap mengingatmu meskipun itu tidak akan berlangsung selamanya. Saya akan tetap mengingatnya,” kata dia saat itu.

Gulpilil meninggalkan istrinya Miriam Ashley dan putranya Jamie Gulpilil. Sebuah film dokumenter baru tentang hidupnya, My Name is Gulpilil, tayang perdana pada September lalu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement