Selasa 23 Nov 2021 06:30 WIB

Makanan Terbaik untuk Disantap Ketika Sakit

Saat sedang sakit, nafsu makan biasanya hilang.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Reiny Dwinanda
Sakit perut (Ilustrasi). Sesuaikan makanan yang disantap dengan kondisi ketika sakit.
Foto:

Makanan ketika mual

Flu perut atau gastroenteritis bisa memunculkan gejala mual yang sangat melelahkan. Mual ini bisa muncul dalam beragam tingkat keparahan, mulai dari sekedar merasa mual, merasa sensasi ingin muntah tetapi tak ada yang dimuntahkan, sampai benar-benar muntah.

Saat merasa mual atau pencernaan bermasalah, seseorang perlu berusaha mengonsumsi sesuatu setiap dua jam, menurut Dunn. Makanan yang dikonsumsi cukup dalam porsi kecil, namun dengan frekuensi yang sering.

"(Makan porsi kecil dan lebih sering) bisa membantu memasukkan sedikit makanan ke dalam sistem pencernaan Anda," kata Dunn.

Salah satu yang direkomendasikan oleh Dunn untuk pasien dengan keluhan mual adalah jahe. Jahe dikenal memiliki efek anti mual dan bisa diolah menjadi beberapa macam sajian. Sebagian di antaranya adalah teh jahe, permen jahe, atau minuman jahe bubuk yang dicampur dengan madu serta lemon.

Makanan lain yang direkomendasikan ketika mual adalah makanan kering. Beberapa buah makanan kering bisa dikonsumsi setiap dua jam untuk mencegah mual. Contoh makanan kering ini adalah biskuit hambar, sereal kering, atau roti panggang.

Selain itu, Dunn juga merekomendasikan makanan yang dingin dan makanan yang tak begitu berbau. Beberapa contohnya adalah jelly beku, es krim, buah beku, yoghurt, es batangan, atau bahkan es batu. Mengemut es batu dapat membantu mengisi cairan yang hilang akibat diare.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement