Selasa 23 Nov 2021 06:30 WIB

Makanan Terbaik untuk Disantap Ketika Sakit

Saat sedang sakit, nafsu makan biasanya hilang.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Reiny Dwinanda
Sakit perut (Ilustrasi). Sesuaikan makanan yang disantap dengan kondisi ketika sakit.
Foto:

Makanan ketika diare

Pasien dengan masalah diare memerlukan asupan makanan yang tinggi akan serat. Makanan tinggi serat akan membantu memadatkan kembali kotoran dan membantu mengatasi diare.

Terkadang, diare bisa diikuti dengan sembelit dan/atau dehidrasi serta keluhan kembung. Agar diare tak memburuk, salah satu kelompok makanan yang direkomendasikan Dunn adalah BRAT.

BRAT merupakan singkatan untuk banana (pisang), rice (nasi), apple sauce (saus apel), dan toast (roti panggang). Makanan-makanan ini direkomendasikan karena dapat ditoleransi dengan baik oleh orang yang sakit. BRAT juga bisa disajikan dengan teh tanpa kafein dan yoghurt.

Makanan lain yang direkomendasikan untuk pasien yang diare adalah makanan hambar untuk mencegah agar saluran pencernaan tidak iritasi. Beberapa contoh makanan hambar yang bisa dikonsumsi adalah nasi dan dada ayam panggang atau air kelapa murni.

Buah dan sayur juga sangat direkomendasikan bagi pasien yang mengalami diare. Alasannya, buah dan sayur dikenal sebagai asupan yang tinggi serat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement