Ahad 21 Nov 2021 16:08 WIB

Cara Rumahan untuk Mengatasi Diare

Saat mengalami diare, penting bagi Anda untuk tetap terhidrasi dengan baik.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Qommarria Rostanti
Pengobatan rumahan untuk mengatasi diare (ilustrasi).
Foto: www.freepik.com.
Pengobatan rumahan untuk mengatasi diare (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Diare tidak hanya bisa menjadi penyakit yang tidak menyenangkan, tapi juga bisa membuat Anda terjebak di rumah dan tidak bisa keluar rumah. Jika itu masalahnya, Anda akan senang mengetahui lima pengobatan rumahan ini untuk meredakan diare.

Untungnya, Anda mungkin sudah memiliki semua yang Anda butuhkan untuk membuat obat rumahan yang efektif untuk diare. Jika Anda mengalami diare parah, atau Anda sedang merawat anak kecil atau lajut usia (lansia) dengan diare, Anda harus mencari nasihat medis karena diare pada kelompok usia yang rentan ini dapat mengancam jiwa.

Baca Juga

Berapapun usia Anda, jika sering merasa tidak enak badan karena diare, Anda harus berbicara dengan dokter Anda tentang apa yang dapat menyebabkan gejala Anda. National Health Society (NHS) di Inggris memiliki informasi lebih lanjut di situs web mereka tentang kapan saatnya mencari bantuan medis untuk diare. 

Pengobatan rumahan paling cocok untuk orang dewasa dengan kasus diare yang lebih ringan. Ini adalah lima pengobatan rumah yang paling efektif untuk diare seperti dilansir dari laman Express, Ahad (21/11):

1. Air

Saat Anda mengalami diare, penting bagi Anda untuk tetap terhidrasi dengan baik. Untuk orang dewasa, jika Anda memiliki minuman olahraga, ini akan membantu Anda rehidrasi. 

Minuman berkafein atau alkohol harus dihindari karena dapat memperburuk diare Anda. Jika Anda memiliki anak yang menyusui, Anda harus terus menyusui atau memberi susu formula jika mereka mengalami diare.

2. Probiotik

Probiotik adalah bakteri baik di usus Anda untuk menciptakan lingkungan yang sehat. Mikroorganisme ini dapat ditemukan pada beberapa makanan, antara lain keju, cokelat hitam, kimchi, dan asinan kubis, sup kedelai Jepang, dan yogurt. Jika Anda bisa menelan salah satu dari makanan ini, cobalah. Atau, coba tambahkan sedikit cuka sari apel ke dalam air dan minumlah. Anda juga bisa mendapatkan probiotik dalam bentuk bubuk.

3. Makan makanan rendah serat

Anda mungkin tidak ingin makan setelah mengalami diare, tapi beberapa makanan dapat memperbaiki gejala diare dan mencegah Anda menjadi lebih sakit karena tidak makan apa pun. Makanan rendah serat dan rasa tawar sangat dianjurkan jika Anda mengalami diare, beberapa di antaranya pisang, beras, saus apel dan roti panggang.

4. Minum pahit dan soda

Jika Anda memiliki rasa pahit, coba tambahkan beberapa tetes pahit ke air soda, atau ginger ale. Ramuan yang digunakan untuk membuat pahit dianggap membantu mengatasi mual dan menenangkan perut Anda sementara mendapatkan lebih banyak cairan akan membantu Anda tetap terhidrasi.

5. Istirahat

Diare benar-benar dapat menghilangkannya, Anda perlu istirahat yang cukup untuk memberi tubuh Anda kesempatan untuk pulih. Anda akan merasa lemah dan mungkin tidak makan sebanyak yang seharusnya, jadi bawalah sebotol besar air ke tempat tidur dan cobalah untuk tidur.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement