Sabtu 20 Nov 2021 10:12 WIB

Sesak Napas Hingga Nyeri Dada Tanda Kolesterol Tinggi

Kolesterol tinggi masih dijuluki 'pembunuh dalam diam' karena gejala yang menyertai.

Rep: Alkhaledi Kurnialam/ Red: Nora Azizah
Kolesterol tinggi masih dijuluki 'pembunuh dalam diam' karena gejala yang menyertai.
Foto:

Turunkan kolesterol

1. Kurangi lemak jenuh

Lemak jenuh ditemukan dalam daging, keju, minyak sayur dan makanan hewani lainnya.  Mengurangi asupan lemak jenuh dapat mengurangi risiko penyakit jantung sebesar 17 persen, dan mengurangi jumlah lemak yang digunakan dapat menurunkannya sebanyak 30 persen.

2. Makan lebih banyak serat

dr.  McClymont mengatakan, makan tiga gram serat larut sehari, seperti dari tiga apel, dapat membantu menurunkan kolesterol.  Makanan kaya serat lainnya yang dia sarankan termasuk versi makanan gandum, seperti sereal, pasta dan roti, serta kacang-kacangan, gandum, buah dan sayuran. 

3. Berolahraga secara teratur

Hanya dua jam olahraga seperti aerobik dalam seminggu Anda mengurangi risiko penyakit jantung sebesar 7,6 persen pada wanita dan 5,1 persen pada pria.  Ini juga membantu meningkatkan kadar kolesterol HDL seseorang yang merupakan bentuk yang melindungi jantung Anda.

4. Makan masakan rumahan 

Makanan olahan atau junk food kaya akan lemak jenuh, biji-bijian olahan, tambahan gula dan garam, jadi sangat dianjurkan untuk memasak dan gunakan bahan-bahan segar jika memungkinkan.

Dr McClymont menyarankan bahwa ada baiknya mencoba lebih banyak pola makan nabati, gaya Mediterania yang mencakup buah-buahan berwarna cerah, sayuran dan biji-bijian, di samping porsi ikan dan lemak sehat, seperti minyak zaitun, dapat mengurangi kolesterol darah hingga 15 persen.

"Jika diet dan perubahan gaya hidup tidak cukup, dokter Anda mungkin meresepkan statin, karena mereka memblokir produksi kolesterol LDL yang berbahaya," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement