Kamis 18 Nov 2021 00:09 WIB

Perempuan Argentina Sembuh dari HIV tanpa Obat

Pasien HIV asal Argentina menjadi orang kedua di dunia yang sembuh tanpa obat.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Reiny Dwinanda
Obat antiretroviral. Seorang perempuan asal Argentina yang dijuluki pasien Esperanza sembuh dari HIV secara alami, tanpa obat.
Foto:

Sementara itu, dua pasien lain, Adam Castillejo dan Timothy Ray Brown, masuk dalam daftar pasien HIV yang sembuh. Kedua pria tersebut dijuluki pasien London dan Berlin.

Mereka sembuh dari virus setelah menerima transplantasi sumsum tulang yang mengandung gen resistan terhadap HIV. Prosedur ini berhasil memusnahkan sel-sel penyebab HIV, tetapi dinilai sangat berisiko.

Dilansir Express UK, Rabu (17/11), Esperanza dan Loreen Willenberg adalah contoh langka dari orang-orang yang tidak menunjukkan tanda-tanda virus dalam tubuh mereka meskipun telah menjalani pengobatan sebelumnya. HIV atau human immunodeficiency virus melemahkan sistem pertahanan kekebalan tubuh dengan menggagalkan sel darah putih yang dikenal sebagai limfosit.

Tanpa sel-sel penting ini, tubuh dapat terinfeksi dari bakteri dan kuman. Sejak pertama kali terdeteksi tahun 1981, para dokter di seluruh dunia memperluas pemahaman tentang virus tersebut.

"Virus ini menyebar melalui kontak dengan cairan tubuh orang yang terinfeksi, terutama melalui darah, air mani, dan cairan vagina," kata Harvard Health.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement