Rabu 17 Nov 2021 09:11 WIB

Jangan Cepat Tekan Flush, Intip Dulu Warna-Bentuk Feses Anda

Bentuk dan bau feses dapat mengungkap gejala penyakit serius.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Reiny Dwinanda
Kloset. Bentuk, tekstur, dan warna feses dapat menunjukkan status kesehatan seseorang.
Foto:

Kanker usus juga dikenal sebagai kanker usus besar atau kanker kolorektal. Ini adalah bentuk penyakit paling mematikan kedua di Inggris.

Diagnosis dini menyelamatkan nyawa. The Sun pernah meluncurkan kampanye "No Time 2 Lose" pada April 2018, yang menyerukan pemerintah untuk menurunkan usia skrining penyakit ini dari 60 tahun menjadi 50 tahun.

photo
Bentuk tinja bisa mencerminkan status kesehatan seseorang. - (Republika)

Bowel Cancer UK juga sebelumnya meluncurkan  kampanye "Never Too Young" setelah terungkap bahwa jutaan orang tidak menyadari bisa terkena kanker usus di bawah usia 50 tahun. Salah satu tanda yang paling berbahaya adalah menemukan darah di tinja.

Sementara itu, prevalensi kanker usus besar di Indonesia ialah 34.189 kasus, sekitar 8,6 persen dari total kasus kanker. Angka itu berdasarkan data GLOBOCAN 2020.

Ada beberapa kemungkinan penyebab pendarahan dari anus atau darah saat buang air besar. Darah merah cerah mungkin berasal dari pembuluh darah bengkak (wasir), mungkin juga disebabkan oleh kanker usus. Sedangkan darah merah tua atau hitam gelap mungkin berasal dari usus atau perut.

"Beri tahu dokter Anda tentang pendarahan apa pun sehingga mereka dapat mencari penyebabnya," ujar dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement