Selasa 16 Nov 2021 21:15 WIB

Penderita Radang Usus Kekurangan Empat Nutrisi Ini

Radang usus mempengaruhi penyerapan nutrisi dan pencernaan.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Nora Azizah
Radang usus mempengaruhi penyerapan nutrisi dan pencernaan.
Foto:

3. Vitamin B

Jika Anda menderita penyakit Crohn atau kolitis ulserativa, Anda mungkin kekurangan vitamin B9 (asam folat) dan vitamin B12. Vitamin B ini dibuat dari bakteri baik di usus dari makanan sehat. Namun, IBD membuat usus tidak bisa maksimal menyerap bakteri baik tersebut.

Sebuah studi tahun 2017 menemukan bahwa orang dengan IBD memiliki kadar vitamin B9 dan B12 yang lebih rendah. Mayo Clinic mencatat, seseorang yang kekurangan B12 dapat mengalami kelemahan otot, masalah mood, kelelahan, masalah dengan usus kecil, dan bahkan kerusakan saraf. Anda dapat menemukan B12 dalam daging, ikan, susu, dan makanan yang diperkaya.

Sementara itu, Vitamin B9 (folat) sangat penting untuk mencegah cacat lahir, dan menurut Mayo Clinic, vitamin ini dapat mengurangi risiko kanker tertentu dan membantu mengobati depresi. Anda bisa mendapatkan vitamin B9 dari sayuran berdaun hijau tua, buah-buahan, kacang-kacangan.

 

4. Vitamin K

Kesehatan usus yang buruk dapat menurunkan kadar vitamin K1 dan K2 Anda, yang penting untuk kesehatan arteri, sendi, dan tulang. Vitamin ini juga penting untuk pembekuan darah, yang mencegah pendarahan yang berlebihan. Karena vitamin K1 dan K2 dibuat dan diserap di usus, Anda mungkin kekurangan jika memiliki penyakit iritasi usus.

 

Tanda-tanda kekurangan vitamin K adalah pendarahan yang berlebih, mudah memar, dan feses berwarna hitam. Anda bisa mendapatkan vitamin K dari sayuran berdaun hijau, buah-buahan, minyak sayur, daging, telur, susu hingga kedelai yang difermentasi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement