Kamis 11 Nov 2021 00:20 WIB

Segelas Air Putih Sebelum Makan Bantu Turunkan Berat Badan

Minum air putih sebelum makan dapat membantu menurunkan berat badan.

Rep: Santi Sopia/ Red: Reiny Dwinanda
Ilustrasi minum air putih. Cara paling sederhana untuk menurunkan berat badan ialah dengan minum segelas air sebelum makan.
Foto:

Dehidrasi dapat menyebabkan penambahan berat badan. Ketika tubuh mengalami dehidrasi, orang justru mengira dia butuh makan secara berlebihan. Padahal, hanya butuh segelas air minum.

Buat siapa saja yang ingin mengontrol camilan atau menurunkan berat badan, Michael menyarankan minum air putih sebelum makan. Kebiasaan ini tidak hanya akan membuat tubuh terhidrasi, tetapi juga membantu merasa kenyang lebih lama.

photo
Infografis Diet Terbaik di 2021 - (republika.co.id)

Dalam penelitian baru, dua kelompok diminta untuk menerapkan diet penurunan berat badan yang sama, tetapi satu kelompok diminta untuk minum setengah liter air sebelum makan. Kelompok itu akhirnya mengonsumsi lebih sedikit kalori dan paling banyak mengalami penurunan berat badan.

Gagasan lama bahwa harus minum delapan gelas air sehari berasal dari Dewan Kesehatan dan Gizi AS pada 1945. Hanya, itu tidak didasarkan pada penelitian. Maka sebenarnya jangan ragu meminum air, kendati tetap tidak perlu berlebihan. Sebab , dengan hanya segelas air putih sebelum makan, itu juga sudah cukup.

"Tetapi banyak dari kita, bahkan tidak melakukan itu. Banyak yang mengandalkan teh, kopi, atau minuman berkafein lainnya untuk asupan cairan utama mereka," ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement