Rabu 10 Nov 2021 23:57 WIB

Konser Fenomenal Band Oasis Dibuat Jadi Film Dokumenter

Film ini akan tayang pada 19 November 2021 pukul 19.00 di MTV Asia.

Rep: Farah Noersativa/ Red: Qommarria Rostanti
Oasis ketika masih bersatu.
Foto: daymix.com
Oasis ketika masih bersatu.

REPUBLIKA.CO.ID, LOS ANGELES – Layanan streaming, Paramount+, merilis trailer untuk film dokumenter musik baru mereka berjudul Oasis Knebworth 1996. Film dokumenter ini akan menceritakan kisah band legendaris Oasis dan penampilan dua malam mereka yang lebih legendaris di Knebworth yang berlangsung pada 10 dan 11 Agustus 1996.

Konser fenomenal itu memiliki rekor jumlah penggemar 250 ribu selama kedua malam. Itu juga memecahkan rekor box office Inggris dengan semua tiket terjual habis dalam waktu kurang dari 24 jam.

Baca Juga

“Knebworth bagi saya adalah Woodstock tahun 1990-an. Itu semua tentang musik dan orang-orangnya. Saya tidak dapat mengingat banyak tentangnya, tetapi saya tidak akan pernah melupakannya. Itu alkitabiah,” kata Liam Gallagher dilansir laman di Collider, Rabu (10/11).  

Film yang akan tayang di MTV Asia pada 19 November 2021 pukul 19.00 ini di bawah arahan pemenang Grammy Award, Jake Scott. Scott tidak hanya akan menampilkan pertunjukan itu sendiri, tetapi juga akan mencakup cuplikan dan wawancara yang belum pernah ada sebelumnya dan di belakang layar dengan band, penggemar mereka, dan kru yang menggelar konser.

Oasis adalah band rock Inggris yang berbasis di Manchester. Band tersebut terbentuk pada 1991 silam. Sebelum menetapkan nama Oasis, mereka sebelumnya menyebut diri mereka Rain. Meskipun band ini telah mengalami banyak perubahan personel selama bertahun-tahun, penampilan awal terdiri dari Liam Gallagher (vokal utama), Paul Arthurs (gitar), Paul McGuigan (gitar bass), dan Tony McCarroll (drum).

Band ini kemudian bergabung dengan kakak laki-laki Gallagher, Noel Gallagher, sebagai gitaris dan vokal utama. Kakak-beradik Gallagher selalu menjadi personel tetap pada band itu, meski formasi baru sering terjadi seiring berjalannya waktu. Mereka juga terus bersama terlepas dari perbedaan pendapat di antara mereka. 

Band ini menandatangani kontrak independen, Creation Records pada 1993. Sementara pada 1994, mereka merilis album debut mereka, Definitely Maybe. Album itu sangat dicintai oleh publik dan meluncurkan mereka ke posisi untuk dapat keluar dengan catatan hit mereka, (What’s The Story) Morning Glory? pada 1995.

Album baru mereka duduk di nomor satu di Albums Chart UK selama 10 pekan. Itu pun menjadi salah satu album terlaris sepanjang masa secara internasional. Ini akan menjadi album terakhir yang direkam band sebelum menuju konser epik mereka di Knebworth pada tahun berikutnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement