Rabu 10 Nov 2021 16:08 WIB

Tak Divaksinasi, Risiko Wafat Akibat Covid-19 Bisa 20x Lipat

Temuan di Texas soal manfaat vaksin Covid-19 selaras hasil studi New South Wales.

Rep: Farah Noersativa/ Red: Reiny Dwinanda
Vaksin Covid-19. Studi pada September lalu di Texas, Amerika Serikat menunjukkan orang yang tidak divaksinasi cenderung lebih mungkin mengalami fatalitas saat terkena Covid-19.
Foto:

Temuan serupa juga diungkap dari perbandingan antara kasus kematian akibat Covid-19 pada orang yang tidak disuntik vaksin dengan yang mendapatkan vaksin di New South Wales. Laporan negara bagian Australia itu memperlihatkan, orang yang belum divaksinasi 16 kali lebih berpeluang dirawat di ruang unit perawatan intensif (ICU) atau meninggal karena Covid-19.

photo
Sudah divaksinasi, orang masih bisa kena Covid-19. - (Republika)

Otoritas setempat pun mendesak warga mendapatkan vaksin saat Australia mulai hidup berdampingan dengan virus corona. Sementara itu, data departemen kesehatan NSW pada Senin (8/11) malam menunjukkan, hanya 11 persen dari 412 orang yang meninggal dalam wabah varian delta selama empat bulan hingga Oktober sudah mendapatkan vaksinasi lengkap.

Usia rata-rata yang meninggal adalah 82 tahun. Hanya sekitar tiga persen dari pasien ICU yang sudah divaksin lengkap, sementara lebih dari 63 persen dari 61.800 kasus yang terdeteksi antara 16 Juni-7 Oktober tidak divaksin.

"Orang muda yang menerima dua dosis vaksin mengalami tingkat infeksi yang lebih rendah dan hampir tidak mengalami penyakit serius, sementara mereka yang tidak menerima vaksin pada kelompok usia ini berisiko lebih besar terpapar Covid-19 dan membutuhkan rawat inap," kata pejabat kesehatan NSW Kerry Chant lewat pernyataan resminya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement