Selasa 09 Nov 2021 15:27 WIB

Yayan Ruhian Terbantu Aplikasi Penyaring Panggilan Telepon

Yayan Ruhian sangat berhati-hati terima telepon dari nomor tak dikenal.

Aktor Yayan Ruhian dulu sering mengabaikan panggilan dari nomor tak dikenal.
Foto:

Laporan tersebut juga menyatakan bahwa Indonesia adalah negara penerima panggilan spam tertinggi di kawasan Asia dan berada di peringkat ke-6 di dunia dengan jumlah panggilan spam terbanyak. Berdasarkan data kepolisian Indonesia dari 2019, jenis kejahatan siber yang paling umum terjadi adalah penipuan.

Beberapa saluran yang digunakan oleh penipu ialah berupa e-mail, situs web, media sosial, dan telepon. Total kerugian yang disebabkan oleh penipuan e-mail pada tahun 2019 dilaporkan lebih dari Rp 144 miliar.

Sementara itu, total kerugian penipuan melalui situs e-commerce mencapai lebih dari Rp 73 miliar. Di Amerika, transaksi penipuan online diperkirakan menghasilkan kerugian hingga 30 miliar dolar AS per tahun. Tahun lalu, Truecaller berhasil memblokir dan mengidentifikasi 31,3 miliar panggilan spam dan 12,8 miliar SMS spam secara global.

"Misi Truecaller adalah membangun kepercayaan dalam komunikasi. Sebagai platform global terkemuka yang dapat memverifikasi kontak serta memblokir komunikasi yang tidak diinginkan, kami dengan bangga secara resmi meluncurkan kampanye perusahaan terbaru yakni #KnowYourCaller," kata Global Head of Corporate Communications di Truecaller Hitesh Raj Bhagat seraya menyatakan harapannya untuk dapat turut berkontribusi dalam meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya keselamatan dalam komunikasi sehari-hari.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement