Sabtu 06 Nov 2021 09:05 WIB

Buah yang Baik dan Buruk bagi Penderita Diabetes

Tidak semua jenis buah harus dihindari penderita diabetes.

Rep: Santi Sopia/ Red: Nora Azizah
Tidak semua jenis buah harus dihindari penderita diabetes.
Foto:

Buah kering

Waspadai pula buah kering. Pengeringan buah mengonsentrasikan semua rasa buah yang enak ke dalam satu gigitan kecil, tetapi juga mengkonsentrasikan banyak gula. Bahkan sejumlah kecil buah kering dapat membahayakan diabetesi.

Periksa label buah kering, sebab banyak yang dikemas dengan gula tambahan. Beberapa bahkan dimaniskan, sehingga memperburuk masalah gula. Jika harus meraih buah kering, mungkin hanya boleh sedikit saja. Rose merekomendasikan kurma, buah ara, dan plum karena indeks glikemiknya lebih rendah.

Jus dan smoothie

Jus sering kali mengandung banyak gula ekstra. Jika ingin membuat smoothie, cobalah menambahkan sebagian besar sayuran dan asupan seperti setengah pisang untuk rasa manis.

 

Buah Terbaik untuk Penderita Diabetes

Dua hingga tiga porsi buah sehari dianjurkan, dan itu juga berlaku untuk penderita diabetes. Jika menggabungkan buah dengan lemak atau protein, itu akan membantu merasa lebih kenyang dan mengontrol porsi makan.

Beberapa buah bermanfaat, tidak hanya untuk menurunkan indeks glikemik, tetapi juga kaya akan vitamin dan mineral lainnya. Sebut saha beri, jeruk, ceri, plum, jeruk bali, persik, apel. Buah-buahan berserat tinggi seperti apel dan pir membantu memperlambat lonjakan gula darah. Diabetesi juga bisa mencoba buah pir dan kiwi dalam porsi tepat. 

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement