Jumat 05 Nov 2021 07:15 WIB

Minyak Esensial Terbaik untuk Usir Stres Hingga Sakit Kepala

Minyak esensial disebut berkhasiat untuk usir stres hingga sakit kepala.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Reiny Dwinanda
Minyak esensial. Ketahui manfaat dan bahaya minyak esensial.
Foto:

Di sisi lain, perlu dicatat bahwa minyak esensial tertentu juga bisa memicu risiko berbahaya bagi beberapa orang. Mereka yang lebih berisiko mengalami komplikasi, termasuk anak-anak, orang hamil, dan hewan peliharaan. Minyak peppermint misalnya, tidak boleh digunakan pada anak di bawah 30 bulan karena dapat meningkatkan risiko kejang.

Beberapa minyak atsiri juga dapat berbahaya bagi hewan peliharaan. Namun, itu tergantung pada ukuran hewan peliharaan dan konsentrasi minyak yang digunakan.

Minyak esensial tea tree bisa menjadi racun bagi kucing dan anjing, misalnya. Oleh karena itu, minyak esensial harus dijauhkan dari jangkauan hewan dan jangan pernah dioleskan ke hewan peliharaan.

Beberapa minyak esensial dianggap aman untuk digunakan selama kehamilan, seperti lavender dan jahe. Akan tetapi, yang lain mungkin berbahaya, seperti clary sage atau pepermin.

Terakhir, menghirup minyak esensial baik secara langsung atau menggunakan diffuser dapat memperburuk alergi atau hidung tersumbat. Jadi, setop penggunaan jika Anda mengalami gejala yang semakin parah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement