Senin 01 Nov 2021 22:07 WIB

7 Kebiasaan yang Bikin Tidur tak Nyenyak

Banyak orang tidak menyadari kebiasaannya sehari-hari sebabkan tidur tidak nyenyak.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Nora Azizah
Banyak orang tidak menyadari kebiasaannya sehari-hari sebabkan tidur tidak nyenyak.
Foto:

5. Suhu ruangan terlalu panas atau tidak nyaman

Kamar tidur yang gelap, tenang, sejuk dan nyaman, merupakan suasana kondusif untuk tidur nyenyak. Karena itulah jika suhu ruangan di kamar terlalu panas atau lampu tidak dimatikan, bisa berpengaruh pada kuantitas dan kualitas tidur. Jika lingkungan tidak mendukung, alih-alih merasa segar saat terbangun, kepala Anda mungkin akan terasa pusing.

6. Kerja atau belajar sampai larut

Kualitas tidur seringkali tergantung pada bagaimana aktivitas Anda. Jika dipenuhi dengan perasaan stres dari pekerjaan yang terlalu banyak atau jadwal belajar yang berlanjut hingga malam hari, tidur dapat terpengaruh. Bekerja atau belajar sampai larut juga dapat meningkatkan tingkat stres dan kecemasan. Jadi, cobalah untuk menyelesaikan pekerjaan di sore hari.

7. Waktu tidur yang tidak konsisten

Menjaga waktu tidur dan bangun yang konsisten akan mengatur tidur dan membantu orang mempertahankan kualitas tidur. Tubuh kita sangat membutuhkan rutinitas, dan waktu bangun yang tidak konsisten dapat menyebabkan masalah tidur yang signifikan karena waktu bangun kita menentukan kapan kita bisa tidur malam itu.

Saat kita bangun, kita mengatur ritme jam tubuh untuk 24 jam berikutnya, termasuk ritme tidur. Untuk orang dewasa, ini sekitar 16 jam setelah bangun tidur. Misalnya, jika Anda bangun terlambat di pagi hari sekitar jam 10 pagi, keesokan harinya Anda mungkin tidak dapat tertidur sampai sekitar jam 2 pagi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement