Kamis 28 Oct 2021 19:07 WIB

Gejala Fibromialgia Bisa Salah Dikenali Sebagai Long Covid

Keluarga aktor Jonathan Ross sempat mengira putrinya mengidap long Covid.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Reiny Dwinanda
Kelelahan yang luar biasa dapat menjadi salah satu gejala fibromialgia.
Foto:

Setelah mendapat diagnosis, Betty mengatakan seperti baru saja mengakui penyakitnya. Dia kemudian fokus untuk pengobatan yang lebih baik.

"Dengan diagnosis ini, saya dapat menemukan cara untuk mengelola rasa sakit saya dengan lebih baik," kata dia.

Betty mengajak pengikutnya di media sosial untuk membagikan pengalaman mereka mengelola fibromialgia melalui kolom komentar. Selain rasa sakit yang meluas, orang dengan fibromialgia mungkin juga memiliki peningkatan kepekaan terhadap rasa sakit, kelelahan yang luar biasa, kekakuan otot, sulit tidur, masalah dengan memori dan konsentrasi, sakit kepala, hingga sindrom iritasi usus besar (IBS).

Tidak jelas mengapa fibromialgia berkembang, tetapi diduga terkait dengan tingkat bahan kimia yang tidak normal di otak.

Kondisi itu kemudian mengubah cara sistem saraf pusat memproses pesan rasa sakit yang beredar di seluruh tubuh. Beberapa orang mungkin lebih rentan untuk mengembangkan kondisi ini karena gen yang diwarisi dari orang tua mereka.

Fibromialgia tidak ada obatnya, tetapi ada perawatan yang dapat membantu meringankan gejala dan membuatnya lebih mudah untuk dijalani. Pengidapnya bisa mendapatkan kombinasi obat, seperti antidepresan dan obat penghilang rasa sakit, terapi bicara, serta konseling dan perubahan gaya hidup adalah salah satu solusinya.

Beberapa ahli berpendapat bahwa kondisi itu tampaknya dipicu oleh peristiwa yang membuat stres secara fisik atau emosional. Cedera, kesedihan, melahirkan, atau menjalani operasi bisa menjadi pemicunya.

Siapa pun dapat mengembangkan fibromialgia, tetapi itu memengaruhi sekitar tujuh kali lebih banyak perempuan daripada pria. Fibromialgia cenderung muncul antara usia 30 hingga 50 tahun, meskipun dapat terjadi pada orang-orang dari segala usia, termasuk anak-anak dan orang tua.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement