Senin 25 Oct 2021 06:14 WIB

Penjualan Daring Jadi Andalan Bisnis Kuliner di saat Pandemi

Bro Kitchen justru sukses melakukan ekspansi hingga puluhan outlet di Jabodetabek.

Aktivitas penjualan via daring di Bro Kitchen.
Foto: Dok. Bro
Aktivitas penjualan via daring di Bro Kitchen.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dampak dari Pandemi Covid-19 sangat mempengaruhi dunia terutama sektor ekonomi. Tak sedikit perusahaan yang harus merevisi target awal mereka akibat tak stabil ataupun menurun pemasukannya. Bahkan, tak sedikit di antaranya yang harus gulung tikar. 

Tak terkecuali bisnis kuliner, terutama bagi restoran yang menjual keindahan lokasinya. Adanya pembatasan kegiatan membuat pelaku kuliner semacam ini kesulitan menjalankan usahanya.

Meski banyak bisnis yang melemah, tapi tak jarang pula yang malah semakin berkembang di masa pandemi. Misalnya Bro Kitchen, bisnis kuliner yang justru mampu mengepakkan sayapnya.

Selama masa pandemi, Bro Kitchen justru sukses melakukan ekspansi hingga puluhan outlet di Jabodetabek dan beberapa daerah lainnya seperti Yogyakarta. Bro Kitchen sendiri merupakan jenama kuliner dengan konsep multi brand, yakni dalam satu toko atau kitchen, beroperasi empat jenama sekaligus.

"Saat ini sebagian besar penjualan berasal dari aplikasi online (grabfood, gofood, shopee food, dan lainnya). Oleh karena itu management digital Bro Kitchen harus kuat. Selain itu support system kemitraannya juga harus sempurna," kata salah satu pendiri Bro Kitchen Davin Azhar, di Jakarta, Ahad (24/10).

Ia menjelaskan, empat jenama tersebut antara lain Ketoprak Wow, Ayam Bebek Padeh, Nasi kulit Pades, dan Kopi en Tea. 

Penjualan keempat jenama tersebut, kata dia, terkonsentrasi melalui daring. Maka, akan tetap aman selama melayani penjualan karena konsumen bisa memesan tanpa harus datang ke lokasi.

"Keunikan menu yang ada di Bro Kitchen seperti yang terpampang di Instagram @brokitchenid menjadi salah satu kunci keberhasilan. Salah satunya yaitu Brand Ketoprak Wow, makanan tradisional ketoprak yang telah dimodifikasi menjadi lebih modern dan kekinian," kata dia.

Keberhasilan Bro Kitchen ini berdampak terhadap permintaan pengajuan franchise yang cukup tinggi. Sehingga tak heran jika semakin banyak bisnis kuliner ini yang tersebar di sejumlah kota-kota di Indonesia. 

"Saya sangat bersyukur sekali usaha ini tumbuh dengan sangat pesat, apa lagi Bro Kitchen bisa berdampak terhadap pembukaan lapangan pekerjaan di tengah pandemi ini," kata Davin.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement