Senin 25 Oct 2021 02:19 WIB

Tips Anak Suka Main Game Mau Belajar

Buat tantangan dalam belajar seperti sedang bermain game agar anak tertantang

Anak bermain video games. Ilustrasi
Foto: Antara
Anak bermain video games. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, Banyak anak senang bermain game, dianggap kesulitan saat harus belajar. Apalagi kalau mereka sudah kecanduan bermain.

Dilansir Female First, berikut lima tips agar anak mau belajar dan tak terjebak terus bermain permainan:

1. Buat aturan

Saat anak santai, bicarakan dengan anak mengenai atusan bermain. Buat kesepakatan berapa jam per hari mereka bisa beramain.

2. Gunakan game sebagai hadiah

Buat game sebagai sebuah hadiah. Minta anak mengerjakan Pekerjaan Rumah atau tugas mereka sebelum bisa bermain game. Pakai analogi "orang digaji setelah bekerja".

3. Belajar sambil bermain

Kadang belajar memang membosankan. Buat tantangan dalam belajar seperti sedang bermain game, agar anak merasa tertantang menyelesaikannya.

4. Puji anak

Salah satu alasan game membuat ketagihan adalah game meningkatkan hormon bahagia atau dopamin. Supaya belajar menyenangkan, sering puji apapun yang dilakukan anak dalam belajarnya. Ini akan membuat anak bahagia..

5. Game meningkatkan keterampilan mereka

Game pada dasarnya mengajarkan anak keterampilan memecahkan masalah. Mereka akan dihadapkan pada masalah dan harus mencoba berbagai cara menyelesaikannya. Bantu anak mengidentifikasi keterampilan yang mereka kembangkan lewat game dan bagaimana itu membantu studi mereka.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement