Kamis 14 Oct 2021 14:24 WIB

Penyakit yang Bisa Dihindari dengan Cuci Tangan Pakai Sabun

Ketahui tujuh poin penting langkah mencuci tangan pakai sabun.

Seorang siswa mencuci tangan sebelum memasuki kelas saat hari pertama pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas di SMP Negeri 1 Kuta, Badung, Bali, Jumat (1/10/2021). Cuci tangan pakai sabun dapat mencegah penularan sejumlah penyakit, tak cuma Covid-19. .
Foto:

Dr Imran juga mengatakan bahwa pihaknya sedang mengembangkan kampanye CTPS dengan lima sasaran. Rumah tangga, sekolah atau dunia pendidikan, tempat kerja atau kantor, fasilitas kesehatan, serta tempat umum seperti rumah ibadah, pasar, dan terminal menjadi fokusnya.

"CTPS ini jadi syarat tidak tertular atau menularkan, ini menjadi kewajiban. Di tempat umum atau tempat lain yang banyak masyarakat berkumpul juga harus tersedia sabun, air agar masyarakat bisa akses," kata dr. Imran.

photo
Cuci tangan pakai sabun. - (Republika)

Sementara itu, yang tak kalah penting untuk mencegah penyakit adalah penggunaan masker. Menurut dr. Imran, penggunaan masker masih perlu untuk dilakukan meski kasus Covid-19 telah mengalami penurunan.

"Saya rasa ke depan juga masih kita butuhkan sebagai adaptasi kebiasaan baru bahwa menggunakan masker bisa mencegah penyakit infeksi saluran pernapasan atas kemudian TBC yang di Indonesia masih cukup tinggi, masih posisi kedua di dunia untuk penyebarannya dan untuk menghalau polusi udara," ujar dr. Imran.

Untuk masyarakat daerah perkotaan, menurut dr Imran, menggunakan masker diharapkan dapat menghindari polusi udara. Begitu juga dengan aktivitas dekat rumah, memakai masker berguna untuk mencegah orang menghirup asap rokok.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement