Ahad 10 Oct 2021 17:47 WIB

Barry Likumahuwa-Teddy Adhitya Remake Lagu Yopie Latul

Reinterpretasi Barry terhadap lagu ini memberikan napas baru bagi lagu lawas.

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Qommarria Rostanti
Barry Likumahuwa.
Foto: ANTARA/Eric Ireng
Barry Likumahuwa.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Musisi Barry Likumahuwa berkolaborasi dengan Teddy Adhitya dan grup vokal RENEWAL. Mereka menggubah ulang (remake) lagu daerah Maluku yang berjudul "NUSANIWE".

Lagu tersebut sudah bisa dinikmati di semua platform musik digital. Dalam keterangan tertulisnya yang diterima Republika.co.id pada Jumat (8/10), Barry menyebut momen merilis Lagu "NUSANIWE" ini sekaligus menjadi persembahan untuk mengenang seorang musisi legendaris asal Maluku, Yopie Latul, yang berpulang pada 9 September 2020.

Momen penghargaan ini sehubungan dengan fakta bahwa pada 1982, mendiang Yopie Latul sempat merilis lagu "NUSANIWE" dalam album Ambon Jazz Rock bersama Funk Section bersama Christ Kayhatu, Embong Rahardjo,  Djoko WH, Yance Manusama, dan Karim Suweileh.

Reinterpretasi Barry terhadap lagu ini tentunya memberikan napas baru bagi lagu lawas. Sentuhan Barry yang memang kental dengan sentuhan funk atau jaz juga sedikit mengeksplorasi alat musik tradisional Maluku, tifa, yang memberi nuansa neo tradisi.

Kemudian ditambah juga vokal dari Teddy Adhitya dengan karakter yang unik, dipermanis lagi oleh sentuhan harmonisasi vokal dari RENEWAL, menjadikan lagu ini bagaikan sebuah karya baru yang relevan dengan zaman sekarang.

Sampai hari ini, album Ambon Jazz Rock masih diapresiasi sebagai salah satu album city pop Indonesia terbaik, disandingkan bersama karya-karya dari Candra Darusman, Chaseiro, dan Fariz RM.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement