Kamis 07 Oct 2021 12:58 WIB

DASH, Diet untuk Pengidap Hipertensi

Hipertensi perlu menjalani diet untuk mengontrol tekanan darahnya.

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Reiny Dwinanda
Membubuhi garam pada makanan. Saat makan di luar, minta penjual tidak menggunakan garam sama sekali pada masakan. Bubuhi sendiri ketika sudah dihidangkan agar konsumsi garam bisa lebih terkontrol. Membatasi garam penting untuk mengendalikan hipertensi.
Foto:

Sesuai dengan panduan DASH, hipertensi dapat dikelola paling baik dengan mengurangi asupan natrium, termasuk dari garam yang ditambahkan di masakan. Pengurangan takarannya bisa dimulai dengan maksimal satu sendok sehari dan kemudian secara bertahap dilanjutkan hingga dua pertiga sendok teh per hari.

photo
Gejala hipertensi - (Republika)

Sementara itu, gula yang sering dianggap sebagai musuh kesehatan karena hubungannya dengan risiko diabetes, obesitas, dan masalah jantung masih boleh dikonsumsi. Hanya saja, takarannya tak lebih dari satu sendok makan.

Diet DASH juga menyarankan orang untuk memperbanyak asupan sayuran dan konsumsi daging terbatas. Pengidap tekanan darah tinggi disarankan membatasi konsumsi mentega atau margarin 50 persen dari yang digunakan secara normal.

Perlu diketahui, pembacaan tekanan darah normal yakni sekitar 120/80 dan tekanan darah tinggi adalah di atas 140/90. Pembacaan tekanan darah yang sehat tidak dipengaruhi oleh faktor-faktor seperti usia, tetap sama di semua kelompok umur.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement