Kamis 30 Sep 2021 11:47 WIB

Benarkah Biji Chia Bisa Bantu Turunkan Berat Badan?

Sebaiknya Anda tidak terlalu mengonsumsi biji chia berlebihan.

Rep: Haura Hafizhah/ Red: Qommarria Rostanti
Biji chia.
Foto: Pixabay
Biji chia.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Biji chia mengandung sumber serat, protein, rendah karbohidrat, dan rendah kalori. Dari kandungan itu, banyak orang yang mengonsumsinya dengan harapan menurunkan berat badan. Namun, tidak baik jika biji chia dikonsumsi terlalu sering. 

Biji chia dianggap sebagai makanan super. "Mereka memiliki beberapa vitamin dan mineral yang bagus seperti fosfor, magnesium, zat besi dan seng. Meskipun sejujurnya, tidak terlalu banyak orang yang memiliki kekurangan itu," kata ahli gizi, Beth Czerwony, dikutip dari laman Health Cleveland Clinic, Kamis (30/9).

Dia mengatakan, biji chia dapat menyerap sebanyak 12 kali beratnya. Saat basah, ukurannya membengkak dan teksturnya seperti agar-agar yang merupakan cara sopan untuk mengatakan bahwa mereka menjadi sangat berlendir. Gagasan di balik minum air biji chia adalah biji basah akan membesar di perut Anda dan mengambil tempat, mencegah Anda dari lapar.  

"Itu mungkin, pada gilirannya, menyebabkan Anda menjadi kurang lapar dan pada akhirnya membantu Anda menurunkan berat badan," ujarnya. 

Dia mengatakan, saat dikonsumsi, biji chia bercampur dengan air dan cairan lambung Anda. Mereka mengembang di perut Anda. "Ini membuat Anda kenyang lebih lama karena memakan ruang dan semua serat larut itu memperlambat pencernaan," kata Czerwony.

Dia memperingatkan Anda untuk tidak berlebihan konsumsi biji chia. Meskipun boleh dilakukan sesekali, seperti menangkis keinginan ngemil pada malam hari, itu tidak boleh dilihat sebagai metode utama untuk menurunkan berat badan.

Sebagai permulaan, mengonsumsi biji chia bukanlah alternatif untuk diet sehat hanya trik praktis untuk digunakan sesekali. Jika Anda menelan banyak serat, pastikan Anda juga menelan banyak air atau Anda mungkin akan mengalami beberapa masalah pencernaan yang tidak menyenangkan, termasuk sembelit, kembung, dan gas.

"Terlalu banyak adalah hal yang tidak baik. Jika Anda makan banyak serat dan tidak minum cukup cairan bersamaan dengan itu, biji chia akan mulai menyerap cairan di usus Anda dan menyebabkan Anda memiliki tinja yang keras," kata dia.

Dia merekomendasikan untuk memasukkan satu atau dua sendok makan biji chia ke dalam segelas air delapan hingga 10 ons. Jika belum pernah mengonsumsi bijinya sebelumnya, mungkin ingin memulai dengan jumlah yang lebih kecil untuk melihat bagaimana tubuh menoleransinya.

"Anda harus meminumnya cukup cepat untuk menurunkannya sebelum mulai mengeras," ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement