Kamis 18 May 2017 14:03 WIB

Tiga Manfaat Biji Chia Bagi Kecantikan

Rep: Wilda Fizriyani/ Red: Indira Rezkisari
Biji chia.
Foto: Pixabay
Biji chia.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Bji chia bisa jadi dianggap sebagai pahlawan tanpa tanda jasa yang dapat melakukan keajaiban terhadap kecantikan. Makanan super sederhana ini kaya nutrisi dan mengandung beberapa asam lemak omega 3, protein, magnesium, vitamin E, vitamin B1, B2, B3  dan sebagainya dalam setiap porsi.

Dilansir Times of India, biji chia juga ternyata memiliki manfaat besar bagi kecantikan siapapun di dunia ini. Berikut ini tiga manfaat kecantikan biji chia yang perlu diketahui.

Masker Wajah

Biji hitam kecil ini salah satu makanan paling sehat di planet ini. Biji ini sarat dengan antioksidan dan asam lemak omega 3 yang melawan penuaan, menenangkan peradangan, mengurangi bekas jerawat dan menjaga kulit tetap berseri dan sehat.

Untuk membuat masker berbahan biji chia, cukup mencampur dua sendok makan biji chia, dengan setengah cangkir minyak kelapa dan satu sendok makan jus lemon. Biarkan masker ini menempel di wajah selama sekitar 10 sampai 12 menit.

Setelah biji chia membentuk lapisan seperti gel, cobalah memijat wajah dalam gerakan melingkar selama beberapa menit. Kemudian cuci dengan air hangat dan masker ini mampu menghilangkan sel-sel mati. Makser ini juga bisa melembabkan, menenangkan dan melembabkan wajah.

Masker Rambut

Biji chia juga ternyata bagus untuk masker rambut. Oleh sebab itu, mulailah dengan mencampur empat sendok makan minyak kelapa, setengah cangkir madu, dan satu sendok makan masing-masing biji chia dan cuka sari apel. Panaskan campuran ini selama 30 sampai 40 detik agar semua bahan tercampur rata.

Selanjutnya, cobalah menerapkan pasta masker pada setiap helai rambut dan biarkan selama 15 menit. Bilas dan bersiap untuk memamerkan rambut yang berkilau.

Kebutuhan Diet

Biji chia terbukti memiliki manfaat saat dikonsumsi ketika perut kosong setiap pagi. Selain memiliki kadar serat, kalsium, protein dan lemak sehat yang tinggi, biji ini juga mengandung magnesium yang membantu menjaga tingkat kortisol tetap rendah. Kemudian pada gilirannya, mampu meningkatkan mood yang baik juga.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement