Selasa 28 Sep 2021 13:00 WIB

Efek Samping Dosis Booster Vaksin Covid-19 Pfizer

Inggris dan Amerika Serikat tengah menggulirkan booster vaksin Covid-19.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Reiny Dwinanda
Vaksin Covid-19 Pfizer-BioNTech. Ada lima efek samping yang dilaporkan dari pemberian dosis booster vaksin Covid-19 Pfizer.
Foto:

Data dari program booster Israel juga mengungkapkan efek samping jauh lebih rendah setelah dosis ketiga vaksin Pfizer daripada dosis satu dan dua. Efek samping yang serius dengan suntikan vaksin booster jarang terjadi, tanpa ada kasus miokarditis yang dilaporkan selama uji coba suntikan dosis penguat vaksin Pfizer.

photo
Cara mengatasi efek samping vaksinasi Covid-19. - (Republika)

Di Inggris, vaksin booster saat ini ditawarkan kepada warga berusia di atas 50 tahun, orang dewasa yang lebih muda dengan kondisi kesehatan yang mendasarinya, serta petugas kesehatan dan perawatan di garis depan. Orang-orang dalam kelompok ini yang telah mendapatkan vaksin kedua setidaknya enam bulan yang lalu, telah diundang untuk suntikan booster.

Laporan NHS pekan lalu menunjukkan lebih dari 350 ribu orang telah memesan suntikan booster. Di Amerika Serikat, jutaan orang sekarang memenuhi syarat untuk vaksin booster juga. Pemerintah mengungkapkan bahwa semua orang yang berusia di atas 50 tahun akan ditawarkan booster dari BioNTech atau Moderna terlepas dari dua suntikan pertama mereka.

Sementara itu, vaksin Oxford-AstraZeneca tidak akan dimasukkan dalam program booster, menyusul kekhawatiran pembekuan darah yang langka. Pembekuan darah yang mengancam jiwa terjadi pada sekitar satu dari 100 ribu orang yang menerima vaksin Oxford-AstraZeneca.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement