Rabu 22 Sep 2021 09:27 WIB

Aneka Variasi Kue Bulan

Kue bulan memiliki beragam variasi, tergantung daerah asalnya.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Reiny Dwinanda
Moon cake alias kue bulan biasa dibuat sebagai bagian dari perayaan musim gugur yang bertepatan dengan bulan purnama paling terang. Waktunya jatuh pada hari ke-15 bulan kedelapan kalender China, yaitu 21 September pada 2021.
Foto:

Jika ingin mengontrol jumlah garam dan gula di setiap elemen, Anda bisa membuat telur asin sendiri, dengan memisahkan kuning telur dari putihnya dan mengukusnya. Lalu, rendam, bersihkan, dan masak biji teratai sendiri untuk membuat pastanya.

Setelah proses memasak, kue bulan memerlukan beberapa hari penyimpanan dalam wadah kedap udara agar kulitnya melunak dengan tekstur yang benar dan warnanya menjadi lebih dalam.

"Saya melihat kue bulan sebagai dedikasi waktu dan perhatian," ujar Tan.

Festival pertengahan musim gugur adalah salah satu dari sedikit tradisi yang telah mengalami perubahan dari waktu ke waktu. “Saya suka bagaimana kue bulan telah berevolusi dan menjadi wadah untuk rasa dan konsep kue baru,” kata Tan.

Kini, orang mungkin akan menemukan lebih banyak daya tarik dalam kue bulan bergaya kontemporer berkat keberadaan media sosial. Misalnya saja, kue bulan tanpa panggang.

Kulitnya terbuat dari tepung beras ketan yang dimasak, yang bisa diwarnai dan diberi bumbu, diisi dengan apa saja yang bisa diikat oleh kulitnya. Isi yang umum adalah es krim custard, cokelat, durian, mangga, dan boba milk tea. Kue bulan berbahan dasar jeli juga bisa, dan cukup mudah dibuat di rumah, bahkan ada resep vegannya.

Pada dasarnya, festival ini adalah perayaan panen, jadi selama Anda menikmati kue bulan yang memamerkan produk unggulan, maka tidak masalah apakah gaya yang Anda sukai modern atau konvensional.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement