Selasa 21 Sep 2021 15:48 WIB

Alkohol Bisa Sebabkan Penyintas Alami Gejala Long Covid-19

Banyak pasien masih merasakan beberapa gejala covid-19 setelah sembuh.

Rep: Dadang Kurnia/ Red: Dwi Murdaningsih
Covid 19 (ilustrasi)
Foto:

lfian menjelaskan, gejala long Covid-19 di antaranya mengganggu pernapasan. Batuk dan sesak menjadi gejala yang sering dirasakan penyintas yang mengalami gejala long Covid-19. Selain masalah pernapasan, kata dia, pasien long Covid-19 juga dapat mengalami keluhan pada organ lain. Seperti badan yang terasa cepat capek, lemas, sakit kepala, diare, dan sebagainya.

 

"Meskipun demikian, intensitasnya bisa jauh lebih berkurang dibandingkan ketika pasien masih terjangkit virus corona," ujar Alfian.

 

Alfian menjelaskan, berdasarkan beberapa jurnal dan literatur, penyebab long Covid-19 di antaranya berhubungan dengan faktor usia. Gejala long Covid-19 sering kali dirasakan pasien penyintas Covid-19 yang usianya tua. Misalnya di atas 80 tahun.

 

Selain itu, lanjut Alfian, long Covid-19 juga berhubungan dengan derajat berat-ringannya pasien ketika dirawat saat terpapar Covid-19. Terutama apabila pasien memiliki komorbid termasuk terjadinya pneumonia pada paru.

 

“Risiko lain yakni pada pasien yang sempat dirawat di ICU dan mengalami badai sitokin. Kondisi tersebut dapat merusak paru dan sel lainnya,” kata Alfian

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement