Selasa 21 Sep 2021 15:02 WIB

Vs Pfizer-J&J, Vaksin Moderna Lebih Efektif Cegah Rawat Inap

Vaksin Moderna tampak paling efektif cegah rawat inap Covid-19.

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Reiny Dwinanda
Vaksin Covid-19 Moderna. CDC AS mengungkap, vaksin Moderna lebih efektif mencegah rawat inap Covid-19 dibandingkan dengan vaksin Pfizer dan Johnson & Johnson.
Foto:

CDC mempelajari 3.689 orang dewasa di 21 rumah sakit di 18 negara bagian yang mendapat vaksin dua dosis Pfizer atau Moderna atau vaksin dosis tunggal Johnson & Johnson yang disuntikkan antara Maret dan Agustus. Badan itu mencatat beberapa faktor yang bisa ikut berperan.

"Perbedaan efektivitas vaksin antara vaksin Moderna dan Pfizer-Biontech mungkin disebabkan oleh kandungan mRNA yang lebih tinggi di vaksin Moderna, perbedaan waktu pemberian antardosis (3 pekan untuk Pfizer-Biontech versus 4 pekan untuk Moderna), atau kemungkinan perbedaan antara kelompok yang menerima setiap vaksin yang tidak diperhitungkan dalam analisis," kata laporan itu.

CDC mencatat batasan dalam temuan. Studi ini tidak mempelajari anak-anak, orang dewasa yang memiliki kekebalan tubuh rentan, dan efektivitas vaksin terhadap Covid-19 yang tidak menghasilkan rawat inap. Studi lain telah menunjukkan ketiga vaksin AS ini memberikan tingkat perlindungan yang tinggi terhadap virus corona tipe baru (SARS-CoV-2).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement