Rabu 15 Sep 2021 14:34 WIB

Manfaat Baik dan Buruk Makan Yoghurt

Di balik manfaat sehatnya, ada pula efek buruk mengonsumsi yoghurt.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Nora Azizah
Di balik manfaat sehatnya, ada pula efek buruk mengonsumsi yoghurt.
Foto:

5. Mendukung usus sehat

Yogurt dengan probiotik baik untuk usus dapat mendukung saluran pencernaan sehat. Namun, Ehsani menyarankan untuk selalu memeriksa labelnya karena beberapa yogurt tidak mengandung probiotik.

 

Efek buruk makan yoghurt

  1. Menyebabkan perut kembung atau penuh gas

    "Baik yogurt biasa dan yogurt Yunani mengandung sedikit laktosa yang mungkin bermasalah bagi individu yang tidak toleran laktosa," kata Ehsani.

    Laktosa adalah gula susu yang dipecah oleh enzim laktase. Jika kekurangan enzim ini maka bisa merasa kembung dan penuh gas saat mengonsumsi makanan susu. Jika seseorang tidak toleran terhadap laktosa, pilih geek yoghurt karena mengandung lebih sedikit laktosa dibandingkan dengan yogurt biasa.

    2. Bisa menyebabkan kenaikan berat badan yang tidak diinginkan

    "Kondisi ini tergantung pada merek dan porsi yang dipilih. Jika idak menjaga porsinya maka bisa menyebabkan kenaikan berat badan yang tidak diinginkan," ujar Pankonin.

    Dia mengatakan, beberapa merek yoghurt dapat mengandung kalori, lemak, dan gula dalam jumlah tinggi. Karena itu, dia menyarankan untuk membaca label fakta nutrisi dan pilih opsi dengan jumlah gula terendah dan jumlah protein tertinggi.

Baca juga : Meski Efikasi Turun, Vaksin Masih Ampuh Tangani Covid-19

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement