Selasa 14 Sep 2021 12:29 WIB

9 Gejala Kanker Kelenjar Getah Bening yang Harus Diwaspadai

Gejala kanker kelenjar getah bening dapat bervariasi pada setiap orang.

Rep: Haura Hafizhah/ Red: Nora Azizah
Gejala kanker kelenjar getah bening dapat bervariasi pada setiap orang.
Foto:

5. Kelelahan yang Persisten dan Luar Biasa

Merasa sangat lelah sepanjang waktu adalah kemungkinan gejala limfoma lainnya, meskipun tidak jelas karena begitu banyak masalah lain yang bisa membuat Anda merasa terhapus. 

Untuk penderita limfoma, Lymphoma Research Foundation mencatat bahwa kelelahan sering kali berasal dari anemia atau kekurangan sel darah merah yang membawa oksigen ke seluruh tubuh Anda.  Karena pasien limfoma memproduksi limfosit kanker secara berlebihan, ada sedikit ruang di sumsum tulang untuk memproduksi sel sehat lainnya termasuk sel darah merah.

6. Mudah Memar atau Berdarah

Ini adalah masalah lain yang terkait dengan kurangnya produksi sel-sel sehat.  Orang dengan limfoma mungkin tidak membuat cukup trombosit, yang membantu pembekuan darah Anda. Jika Anda lebih mudah menjadi hitam-biru daripada sebelumnya atau Anda mengalami kesulitan menghentikan pendarahan setiap kali Anda melukai diri sendiri, anggap itu sebagai tanda peringatan yang mungkin.

7. Batuk atau Sesak Napas

Kadang-kadang limfoma dimulai di kelenjar timus, bagian lain dari sistem kekebalan Anda yang terletak di dada.  Jika kelenjar ini atau kelenjar getah bening lainnya di dada Anda membengkak, mereka mungkin menekan tenggorokan dan menyebabkan batuk, nyeri dada atau tekanan dada.

Baca juga : 4 Efek Samping Makan Siang di Meja Kerja

8. Penurunan Berat Badan

Jika Anda telah berjuang untuk menurunkan berat badan yang tidak diinginkan di masa lalu, menurunkan berat badan tanpa berusaha mungkin tampak seperti alasan untuk perayaan.  Tetapi kenyataannya adalah bahwa menurunkan berat badan dalam jumlah yang signifikan (sekitar 10 persen dari berat badan awal Anda atau lebih selama enam bulan) tanpa membuat perubahan apa pun pada pola makan dan olahraga Anda yang biasa adalah tanda bahaya bahwa ada sesuatu yang salah.

9. Kulit yang gatal

Kulit kering dan alergi sering membuat orang gatal, jadi biasanya tidak perlu khawatir. Tetapi jika Anda baru-baru ini mulai merasa sangat gatal terutama di tangan atau kaki Anda, mungkin itu terkait dengan limfoma. Beberapa orang dengan limfoma juga mengalami ruam yang terlihat tetapi tidak selalu demikian.

Para ahli berpikir rasa gatal yang tidak henti-hentinya disebabkan oleh sistem kekebalan yang melepaskan bahan kimia (sitokin) yang dapat mengiritasi ujung saraf di kulit.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement